Om Zai – Babelan BF : Dari Iseng Sampai Kecanduan Lomba dan Sukses Ternak Murai Batu

156
Om Zai dan Om Ncek, dua orang bertangan dingin dan berhoki besar. Sukses lomba dan penangkaran - Babelan BF

“Awalnya Cuma iseng piara burung buat bunyi-bunyian saja dirumah. Pertama lovebird saya beli beberapa pasang dari temen karena asal senang warnanya saya. Akhirnya belilah murai, awalnya juga masih buat rumahan. Murai pertama yang saya beli ternyata borneo, tapi memang lagu dan materinya banyak jadi suaranya enak buat dinikmati, pernah saya gantang tapi karena tidak tau setingan jadi ngga jaura. Baru satu tahun terakhir ini saya mulai aktif lomba, apalagi setelah bertemu om Ncek yang sekarang jadi perawat burung saya” ujar om Zainudin (Zai) yang sehari-hari mengelola klinik kesehatan

Saat ini om Zai telah memiliki dua jagoan Marques dan Manja yang keseharianya dirawat oleh om Encek.  “Baru Marques tembus di event nasional, perdana tampil di event nasional Piala Candrabaga 3 berhasil tembus juara 3 dan di Wibawamukti juara 3 dan 6” ujar om Ncek sang perawatnya. Prestasi terbaru marques adalah juara satu di acara Kopdar KMBB.

Piala Wibawamukti 3 – Marques tembus juara 3 dan 6

Terus berlanjut tidak hanya bermain di lapangan om Zainudin juga memanfaat lahan belakang rumahnya untuk ternak murai. Saat ini ada lima pasang indukannya. Termasuk bertangan dingin dari kelima pasanganya hanya dalam waktu satu bulan dari masa penjodohan semua nya telah berproduksi menghasilkan trotolan. Untuk indukan om Zainudin tidak mengambil asal indukan saja. Untuk pejantan semua dia ambil dari burung eks prestasi.

Om Ncek dan rekanya didepan penangkaran dengan 5 pasang indukan juara yang semuanya telah berproduksi.

“Memang indukan yang ada semua baru prestasi lokalan saja disekitar Bekasi. Om Ncek yang selalu merekomandasikannya, karena dia yang lebih tau. Dia yang rajin mencari info burung-burung juara untuk materi indukan saya. Begitu pula untuk betina kita ambil dari indukan trah dari penangkar sekitaran Bekasi. Jadi bisa sampai seperti sekarang ini semua berkat dukungan tim yang solid” ujar om Zai memuji semua anggota timnya.

Trotolan yang semua telah di panen – tumbuh sehat dengan Pakan Lolohan TROTOL PREMIUM dari EBOD Jaya.

Untuk indukan memang dipilih tidak hanya yang juara dah trah saja, om Encek juga memperhatikan soal postur atau katuranganya. Karena menurutnya itu sangat penting. Seperti yang disampaikan om Zai. Mereka sadar bahwa timnya baru di dunia perburungan, jadi belum banyak dikenal orang. Oleh karenanya soal katuranggan sangat penting untuk penjualan trotolan nantinya. Indukan dengan katurangan yang bagus biasanya akan menghasilkan trorolan yang bagus pula. Karena yang pertama dilihat setiap orang membeli trotolan salah satunya  satunya adalah katuranganya, kecuali yang sudah punya nama karena anakan yang sebelumnya sudah berhasil atau indukanya dari juara yang terkenal.

Trotol siap panen, – Babelan BF.

“Jadi kalo indukan yang bagus kita harapkan nanti trotolanya juga bagus. Apalagi semua trah juara walau Cuma di sekitaran Bukasi Utara saja, tapi nantinya diharapkan promosi dari mulut kemulut oleh bekas yang punya burung-burung juara yang saya jadikan indukan akan membuat penangkaran kita dikenal orang” om Zai menerangkan.

Saat ini penangkaranya sudah terdaftar sebagai penangkar APBN karena menurutnya sangat menguntungkan, didukung lomba dengan kemasan yang bagus dari Ebod Jaya dan juga para penangkarnya yang selalu kompak untuk terutama untuk Korwil Bekasi. Oleh para pengurusnya yang selalu aktif APBN Korwil Bekasi membuka kerja sama dengan semua EO Bekasi untuk membuka kelas Murai Batu Wajib Ring APBN pada event-event specialnya. Para penangkarnya juga dengan sukarela iuran untuk memberi bonus juara apa bila terdaftar sebagai penangkar APBN Bekasi.

“Masuk jadi anggota APBN Bekasi sekarang ketat juga ternyata, harus di survey dan dipastikan benar-benar penangkar. Alhamdulillah sudah disurvey sama om Oesman, tinggal tunggu proses pengirman ring” om ujar om Zai. Babelan BF beralamat Babelan (belakang klinik Yakri).

Survey penangkaran adalah salah satu syarat untuk bergabung dengan APBN Korwil Bekasi.