Mediaronggolawe.di, Pekanbaru  – Satu lagi pengorbit lovebird paud yang bisa dikatakan masih muda dan penuh akan talenta dalam mengorbitkan lovebird-lovebird paud menjadi juara. Memang susah-susah gampang membuat lovebird paud bisa ngekek di atas gantangan lomba. Belum lagi birahi dari paud sendiri yang belum stabil apabila di pertandingkan dengan beberapa lovebird muda yang baru belajar ngekek.

Saat dijumpai di Latber Mandan Ronggolawe, selasa (12/02/19) di kartama Pekanbaru, om Indra memberikan penjelasan bagaimana dia bisa menyetting lovebird yang akan dilombakan dan bisa stabil birahinya.

Dari pantauan jurnalis media di lapangan, om indra memperlombakan burung lovebird nya di semua kelas yang dilombakannya. Ada dua kelas yang dibuka oleh panitia sore itu, yakni kelas ebod strong dan ebod joss. Didua kelas tersebut, lovebird om indra berhasil menjadi juara ke dua di kelas ebod strong dan menjadi juara keempat di kelas ebod joss.

Memang burung andalannya belum berhasil menjadi juara pertama, beliau mengatakan gacoannya belum vit dan berdampak kurang maksimal dalam lomba kali ini, tetapi beliau sangat puas sekali kinerja gacoannya biarpun kurang vit.

Om Indra tidak segan-segan membongkar settingan harian dan settingan lomba nya kepada jurnalis media, beliau mengatakan bahwa ilmu yang didapatkannya merupakan pengalaman yang berharga dan itu harus wajib dishare kepada kicaumania yang lain supaya bisa bermanfaat dan bisa diterapkan kepada gacoan kesayangan.

Adapun settingan hariannya sebagai berikut :

Perawatan yang beliau terapkan sangat sederhana, yakni burung pagi dikeluarkan jam 7, burung tidak diembunkan dan diangin-anginkan saja. Bila burung mau mandi, bisa mandi dicepuk mandi yang sudah standby didasar sangkar. Burung tidak dikoloni, dan bersama pasangannya didalam sangkar. Setelah satu jam atau pukul 8, sangkar di krodong full sampai dengan sore dan malam dibuka lagi untuk mandi dan diangin-anginkan kurang lebih satu jam terlebih dahulu sebelum beristirahat sampai esok harinya. Untuk pakan om Indra meraciknya sendiri dengan komposisi menggunakan milet sembarangan atau kiloan, melainkan milet dari produk Ebod Jaya yakni Ebod Miltih.

Untuk settingan lomba, om indra menjelaskan tidak ada settingan lomba karena burung ini setiap hari dilombakannya. Dengan perawatan sederhana tersebut, membuat gacoan om Indra tampil stabil di atas gantangan. (efn)