Om Budiman Oke – Penangkar Murai Batu dengan Garansi ++

161

Memilih menyepi, meninggalkan ibu kota sajak tahun 2015 untuk dapat menikmati hoby. Sebelumnya tinggal di daerah Jakarta Pusat, sempat menjalani hoby sebagai pemain dan mencoba ternak murai dengan kandang gantung namun selalu gagal. Akhirnya setelah pindah ke daerah Jonggol tempat tinggalnya yang sekarang ini ia membuat kandang penangkaran permanen. Saat ini Om Budiman mempunyai lima kandang penangkaran. Dua diantaranya adalah indukan special karena selalu menghasilkan anakan juara. Indukan Kecubung yang adalah bekas burung juara dan satu lagi adalah indukan biasa bukan burung bekas juara tetapi anakanya selalu berprestasi. Oleh karenanya Om Budiman berpesan kepada para penangkar untuk tidak berkecil hati walaupun tidak mempunyai indukan bekas juara. Karena dengan perawatan yang bagus akan mengasilkan anakan yang bagus pula. Sedangkan indukan yang lain adalah indukan ekor panjang. Indukan Kecubung sudah sering menghasilkan anakan juara, pelanggan tetapnya adalah kicau mania wilayah Bogor.

Om Budiman Oke – APBN Korwil Bekasi Raya. Garansi Jantan + uang perawatan 500rb apabila salah.

“Pelanggan kebanyakan dari wilayah Bogor, ada beberapa dari daerah. Untuk indukan Kecubung dan satunya Alhamdulillah saat ini selalu inden. Harga tetap walaupun sudah terbukti sering juara anakan saya jual kisaran harga 3 – 4.5jt.  ” ujr om Budiman.

Satu hal yang menarik apabila membeli anakan dari Om Budiman adalah garansinya. Berbeda dengan peternak lain yang hanya menggaransi jantan dan apabila ternyata salah akan ditukar. Om Budiman mengaransi dan akan menukar anakan dengan mengganti biaya rawatnya sebesar lima ratus ribu rupiah. Untuk membedakan jantan betinanya Om Budiman menggunakan cara konvensional lama tapi banyak terbukti, yaitu dengan menggunakan pendulum.

Om Budiman berbagi cara penangkaran, menurutnya semua usaha ada susah senangnya. Namun untuk penangkaran tidak ada susahnya, karena hoby semua dibawa senang olehnya. Beberapa hal  yang terpenting menurut Om Budiman diantaranya adalah saat penjodohan, ekstra fooding dan saat panen trotolan. Tahap penjodohal sangat penting karena adalah tahap awal, kalo awalnya saja sudah gagal maka kedepanya pasti tidak akan bisa berjalan. Cara penjodohan yang penting adalah penyamaan birahi. Ebod Breeding menjadi andalan Om Budiman sudah sejak lama, selain meningkatkan birahi juga menjaga asupan gizinya untuk bisa mnghasilkan telur yang berkualitas. Kemudian EF, awal penjodohan sampai bertelur sangat diperlukan juga untumenjaga birahi dan kualitas telur. EF bisa berupa cacing, ikan gepi, kalsium (sotong) dan jangkrik. Saat sudah bertelur caccing dan ikan gepi harus distop untuk mencegah over birahi.

Selanjutnya tahap panen trotolan, sebaiknya dipanen paling lama umur enam hari, sebelum trotolan membuka mata dan mengenali indukanya. Apabila lebih dari itu biasanya trotolan akan susah diloloh karena takut. Untuk meloloh Om Budiman saat ini mempercayakan pada produk Ebod Jaya pakan lolohan Trotol. Begitu pula untuk anakan yang sudah makan sendiri juga menggunakan produk Ebod Jaya voer Nanjung 105. Dua produk tersebut membuat anakan jadi lebih agresif dan sehat.