Kategori: Profil

Nyisir-Nyisir Bulu Saat Digantang Shampo Jatijajar Obatnya

[doptg id=”3195″]

 

Kontes Adira Cup-Hammer BC, KK Scoopy Kembali ke Tahta Juara 1

Saat mengikuti Askrida Cup, di Rumah Kicau Veteran (RKV), Aan Tato harap-harap cemas. Murai Daun Kepala Kuning atau sering disebut CH KK Scoopy jagoannya tak fokus menghadapi lawan-lawannya. Sembari bunyi, burung itu mengaruk-garukkan paruhnya ke bulu sayap. Sesekali ke bulu ekornya. Materi isian yang mewah dengan durasi kerja lumayan, menolong Scoopy. Sehingga masih berhak mendapat nominasi.

Sebagai kicau mania senior dan pandai merawat burung, Aan paham  apa yang sedang terjadi pada Scoopy. Dugaan ada kutu di bulu sayap dan ekor ternyata benar.  Berarti masalah sudah ditemukan. PR selanjutnya, bagaimana cara dan pakai apa  mengatasinya. Shampoo Jatijajar yang kebetulan tersdia banyak di toko burung miliknya,  dibubuhkan pada bak mandi (kerambah). Aturan penggunaannya disesuai dengan ketentuan yang tertulis dalam kemasan Shampo Jatijajar.

Hanya satu kali pakai, kutu pada bulu sayap Scopy langsung hilang. Bukan asal cakap. Buktinya, saat dicoba digantang di Deliserdang Cup peforma Scoopy mulai stabil. Tak lagi mau garuk-garukkan paruh ke bulu  sayap dan ekornya saat di bawah gantangan. Walau tak meraih juara 1, namun Scopy yang  digantang  Aan Tato tetap berada di jalur juara. Satu minggu berselang, tepatnya tanggal 20 Desember 2015,  Scoopy  mengikuti lomba Piala Pangdam I BB di Tebingtinggi. Dalam lomba ini, Scoopy tampil sempurna dan berhasil menyabet doule winner di kelas CH KK.

Ingin membuktikan kembali kehebatan Scoopy, Minggu 27 Desember 2015, Aan Tato melalui Agus Frell, rekannya di Buser Kicau Mania (BKM) menggantang Scopy. Langsung dalam dua kelas. Hasilnya, Scoopy berhasil meraih double winner di kelas CH KK dalam gelaran lomba Adira Cup-Hammer BC. Dari tiga penampilan terakhir (Deliserdang Cup, Piala Pangdam dan Adira Cup) Scoopy tak lagi mau garuk garukkan paruh ke bulu. Itu artinya, Scoopy telah bebas 100 persen dari kutu.

Walau demikian, untuk menjaga agar bulu tetap bersih dan jauh dari serangan kutu, setiap mandi, Aan tetap membubuhi Sampho Jatijajar pada kerambah mandinya. Tak hanya itu, sekali seminggu, kandang lomba yang juga digunakan sebagai kandang harian sekali seminggu terpaksa disemprot dengan Shampo Jatijajar.

Menurut Aan, kutu bisa saja datang setiap saat dan menghampiri burung-burung andalannya. Sebab di tokonya, setiap hari puluhan ekor burung datang dan pergi karena dibeli orang. “Jadi kemungkinan masuknya kutu bisa saja dari burung yang baru datang. Bagaimanalah kita toko, burung silih berganti setiap hari,” katanya.

Scoopy Tampil Stabil Karena Ebod Joss dan Ebod Vit

CH KK Scoopy dulunya burung tak laku. Dijual rugi pun tak ada kicau mania yang mau membelinya. Pasalnya, kepalanya botak. Karena tak ada yang berminat, Aan merawat sendiri untuk dijadikan gacoan di arena lomba. Tiga bulan dalam rawatan, masalah kebotakan di kepala teratasi.

Gantangan RKV menjadi titik awal keberhasilan Scoopy di arena lomba. Setelah berulang kali menjadi juara di gelaran Latpres RKV, Aan mencoba mengikuti kontes besar. Tanggal 29 November 2015, saat gelaran Piala Danlantamal Ronggolawe di Belawan, Aan menurunkan Scoopy. Mengejutkan sekali, Scoopy yang baru pertama kali turun ke kontes besar langsung meraih juara 1.

Gelar juara dari Piala Danlantamal menjadi bukti bahwa Scoopy telah siap menatap lomba-lomba berikutnya. Terbukti, setelah dari Belawan, Scoopy berhasil menaklukkan beberapa lomba bergengsi di Sumut (Askrida Cup, Deliserdang Cup, Piala Pangdam). Ada rahasia di balik penampilan Scoopy yang terbilang stabil. “Ebod Joss dan Ebod Vit telah membuat Scoopy tetap bertengger di posisi atas kelas CH KK,” kata Aan Tato kepada Mediaronggolawe.com.

Karena terus moncer saat digantang, Scoopy menjadi salah satu burung incaran para kicau mania penggemar murai daun KK. Bahkan sudah ada kicau mania yang bersedia membarter Scoopy dengan seekor murai batu ekor putih kondisi jadi. Tapi Aan belum bersedia melepasnya. Sebab pada tahun 2016 nanti, ia akan menggebrak lomba lomba besar di Sumut dengan sejumlah burung-burung andalannya. Salah satunya CH KK Scoopy.  sihotang-21.

Anda punya burung juara, anda punya kiat khusus dalam merawat burung,  atau anda berhasil menangkar burung dan ingin diangkat di Mediaronggolawe.com, hubungi saya: Sihotang di HP  0812 8312 0000. ***

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Hasil Lomba

Daftar Juara Latpres Gagak Sakti Team Gresik, Minggu 27 Juni 2021.

Medironggolawe.id – LATPRES GANTANGAN GAGAK SAKTI Gresik, kembali berjalan dengan sukses dan lancar. 17 kelas…

3 bulan yang lalu
  • Hasil Lomba

DAFTAR JUARA ROAD TO ASRUL CUP 2 MINGGU, 20 JUNI 2021.

Gelaran ROAD TO ASRUL CUP 2 sukses dipadati peserta. Ajang lomba burung berkicau yang digelar…

3 bulan yang lalu
  • Hasil Lomba

Party Cendeters Season 3 Pesona 15 Community, Cendet Batara Terbaik. Minggu, 20 Juni 2021

Party Cendeter Season 3 gantangan Pesona 15 Community Purwosari, berjalan sukses dan lancar. Ajang lomba…

3 bulan yang lalu
  • Berita Lomba

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

3 bulan yang lalu
  • Hasil Lomba

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

3 bulan yang lalu
  • Berita Lomba

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

3 bulan yang lalu