New AKM BC – Komunitas Kicau Yang Cinta Keluarga

118
Om Arif Cah Solo – Leader AKM – Ebod Vit andalan untuk burung selalu Vit

NEW AKM BC adalah komunitas yang beranggotakan kicau mania di seputaran Tambun – Bekasi dan ada beberapa dari Cakung, Cikarang dan sentul. Terbentuk empat tahun yang lalu AB Speed Shoop, KKMGA dan Metallica jadilah AKM BC. Seiring berjalanya waktu banyak anggota yang bergabung AKM menjadi bukan sekedar tim lagi, akan tetapi membentuk sebuah komunitas kicau mania yang lebih besar. Setelah berjalan dan Om Arif Cah Solo terpilih sebagai leader dibuat nama baru dengan tidak menghilangkan nama asalnya, yaitu New AKM BC. AKM saat ini sering di plesetkan sebagai singkatan “Aku Kondangan Melulu”. Aturan tidak tertulis di AKM adalah saling menghargai satu sama lainya dan kebersamaan yang kuat menjadikan mereka selalu kompak.

Om Arif Cah Solo & Istri – menularkan kebiasaan positif di AKM (Family Man)

Di AKM semua anggota mempunya posisi yang sama, hanya saat ini Om Arif Cah Solo lebih dijadikan sebagai leader, dan om Eno AKM sebagai kordinator disetiap kegiatan. AKM termasuk komunitas dengan kekeluargaan yang kuat, tidak hanya seputaran lomba burung akan tetapi AKM lebih dari itu. Hal itu disebabkan oleh Om Arif yang ditunjuk sebagai leader adalah seorang Family Man. Om Arif sering mengajak keluarganya dalam setiap kegiatan AKM dan hal itu menular kepada setiap anggota.

Mandor Mempi & M. Sakum (anak) hobi dan keluarga tetap sejalan.

Kegiatan AKM cukup banyak, diseputaran lomba burung adalah rutin gantang bersama satu titik untuk bersilaturahmi, terutama untuk lomba besar. Ada pula acara tahunan yaitu Lomba Aniversary  AKM, yang biasa rutin diadakan setiap bulan September. Selain seputaran lomba burung, kegiatan lain diantaranya adalah pertemuan rutin satu bulan sekali di Perumahan Bekasi Timur permai yang merupakan rumah Om Arif, family gathering. Dalam setiap kegiatan AKM melibatkan keluarga masing-masing, oleh karenanya sesama anggota sudah seperti saudara dan mengenal lebih jauh. Saling bertukar ilmu dan pengalaman mengenai rawatan burung sudah menjadi hal yang pasti.

“Sebenarnya tidak harus mengajak keluarga, tapi kebiasan saya selalu mengajak keluarga. Karena anak istri juga perlu hiburan, bertemu banyak orang kebetulan nyambung dan mau diajak lomba atau kegiatan lain yang berhubungan dengan AKM. Akhirnya jadi menular pada rekan AKM yang lainya” ujar om Arif.

Tak pernah absen di event besar ( Ayonk, Bambang, Fadly)

Untuk masuk anggota  AKM mudah, yang penting hoby burung. Anggota AKM bermacam-macam, tidak hanya penyuka satu jenis burung saja. Diantaranya Om Arif yang mempunya banyak jagoan murai batu Rawarontek, cucak ijo Samber Gledek, kacer Waru Doyong. Ada pula Kong Selon yang dikenal sebagai dedengkot kacer tambun dengan kacer jagoanya Selon. Om Tri Metallica dengan mura batu RanuKumbolo dan Cadas. Serta Mandor Mampi yang punya jagoan cucak ijo Phanter. AKM banyak jenis burung dan anggotanya jadi siapapun bisa menjadi anggota selama mau mematuhi aturan yang berlaku, saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Om Eno AKM – kordinator AKM saat lomba. “kang cari tiket”

“Siapapun bisa menjadi anggota, tidak terlalu resmi dari tim manapun, dari komunitas manapun, saat bersama apalagi saat berseragam AKM kita anggap semua adalah keluarga. Karena AKM ini intinya silaturahmi jadi tidak terlalu resmi yang harus gimana-gimana” ujar om Arif.