Nanung KB, EO Paling Suka Diprotes

140
Nanung KB sedang merekap hasil penjualan tiket.

Cukup lama sudah dia berkecimpung dalam dunia perburungan. Khususnya di EO (Event Organizer) kompetisi burung berkicau. Sampai sekarang masih tetap eksis. Bermula dari seringnya melihat kompetisi burung berkicau. Akhirnya Nanung KB memberanikan diri untuk membuka tempat latber.

Sudah cukup banyak tempat latber yang dibukanya. Tetapi sekarang dia lebih konsentrasi di lapangan Kampus Enterprise yang beralamat di Jln Raya Legok, Jatiwarna. Pria ini lebih akrab dipanggil dengan Nanung KB juga bukan tanpa alasan. Dibelakang namanya ada inisial KB. Ini bukan kependekan dari Keluarga Berencana tapi adalah Kampung Burung. Kampung Burung sendiri adalah nama tempat latihan yang berlokasi di Jakarta Timur. Tetapi sekarang Kampung Burung dikelola oleh sahabatnya.

Pengalamannya dalam membuat tempat latber telah membuat dia sangat mengerti apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh para peserta.

Waktu sepuluh tahun bukanlah waktu yang sebentar. Asam garam dunia EO kompetisi sudah dirasakannya. Apa lagi menghadapi persaingan EO yang belakangan ini semakin ketat. Pasti tidak mudah bagaimana membuat kemasan menarik, tetapi masih bisa memberikan honor kepada juri dan anggota panitia lainnya.

“Ada kiat-kiat khusus yang harus kita lakukan untuk tetap bertahan. Minimal kita harus sering mendengarkan keluhan atau masukan dari peserta. Makanya saya sangat suka menanggapi kritik atau protes dari peserta. Selama protesnya obyektif. Yang paling riskan adalah protes untuk juri yang bertugas. Tetapi alhamdulillah. Dengan menggunakan tim juri Ronggolawe hasilnya sangat bisa diterima oleh peserta. Jarang sekali ada protes dari peserta tentang hasil penjurian. Dan setiap latber minimal tiga ratus lima puluh tiket dapat kami jual”, papar Nanung KB menjelaskan.

Lokasi Kampus Enterprize juga sangat mudah dijangkau. Berada di tepi jalan raya. Hanya dua menit dari pintu tol Jatiwarna. Lapangan ini setiap minggunya rutinitas main tiga kali. Yaitu hari Selasa, Kamis dan Minggu. (red#1)