Anggota komunitas PBC sedang ngengikuti event di Ronggo Enterprise.

Komunitas PBC yang di ketuai oleh H. Ade Jarkasih adalah komunitas pencinta burung berkicau yang ada di aderah Paburan kab. Subang. PBC terlahir dari kerasnya atmosfir perbedaan pendapat para penggagas komunitas kicau mania masa lalu. Dengan berbekal kemantapan dan keyakinan, sosok pak H. Ade seorang yang dituakan sebagai pengayom memberanikan diri untuk keluar dari zona perdebatan, dengan mengusung nama komunitas baru yang sampai sekarang dikenal dengan komunitas Paburan Bird Club atau sering dikenal nama PBC.

Berangkat dari persamaan hobi menyukai burung berkicau diantaranya murai, cucak ijo, kacer, kenari dan lovebird yang biasanya disiapkan untuk dikonteskan, pak H. Ade membuat wadah komunitas kicau mania yang di beri nama PBC Pabuaran BC.

Salah satu amunisi PBC berhasil raih juara.

Seleksi alam telah membawa anggota pada ujian loyalitas, keputusan tetap bertahan atau hanyut terbawa isu yang berkembang saat itu menjadi pilihan. Tak banyak yang terbawa, dan lebih banyak yang tetap bertahan hanya demi sebuah nama, sebuah loyalitas dan sebuah keyakinan bahwa pernah membuat dan menyepakati visi dan misi bersama.

PBC adalah wadah untuk komunitas kicau mania Paburan. “Suatu kebanggaan bagi kami diberi kesempatan menjadi bagian dari keluarga besar PBC”, ungkap Budi salah satu anggota PBC. Waktu telah mengantarkan dan mengenalkan PBC ¬†pada lingkup yang lebih luas. Bukan hanya seputar Paburan Subang dan sekitarnya lagi, Pabuaran Bird Club atau lebih dikenal PBC telah membawa dan mengajarkan bagaimana menjalin dan memperluas jaringan persaudaraan melalui burung berkicau. 3 tahun telah dilalui dengan penuh perjuangan, suka dan duka seakan silih berganti, perbedaan menjadi hal yang sangat biasa, tapi alhamdulilah semua bisa disikapi dengan kepala dingin, dengan rasa hangat, dan pastinya dengan kemistri rasa kekeluargaan yang sebelumnya sudah tumbuh ditengah-tengah kami”, Ungkap H. Ade.

PBC setiap akhir minggu selalu di jadikan tempat dan tujuan untuk bersilaturahmi sesama anggota pecinta burung berkicau, melalui komunitas PBC, kami selaku anggota dan pemertahan hobi pecinta burung berkicau khususnya Paburan Subang dan sekitarnya, mengajak untuk kumpul, ngopi bareng, sharing tentang perawatan harian dan setingan lomba. Kami sangat terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung dan menyambung silaturahmi dengan kami melalui komunitas PBC atau datang langsung ditempat gantangan dimana kami berkumpul setiap minggunya.

Perawatannya burung berkicau harus rutin, bersihkan sangkar, mandi-jemur, setelan jangkrik dan kroto, serta memaster burung. Untuk memaster burung berkicau bisa menggunakan suara burung dari MP3 yang lebih efektif.

 

Kestabilan burung berkiacu ditunjang dari pemberian pakan yang tepat ternyata menjadi salah satu kunci dari penampilan terbaik, pemberian Voer Nanjung 105 ternyata sangat memberikan efek yang sangat luar biasa untuk burung ocehan menjadi tampil lebih exstra vit serta menjadi lebih bertenaga saat dilombakan, Voer Nanjung 105 yang hadir dengan ekstrak  serangga, buah Рbuahan dan herbal yang mampu menambah energi untuk burung kesayangan anda.