Murai Cewek Dilombakan. Ada di APBN Expo Taman Bunga Wiladatika Cibubur 23-Juni-19

128

Tidak pernah habis ide untuk membuat terbosan. APBN (Asosiasi Penangkar Burung Nusantara) yang dikomandani oleh Ridho Pulungan akan membuat exibisi dengan membuka kelas untuk murai batu betina. Ini merupakan sesuatu yang baru. Dan tidak pernah dilirik oleh EO (Even Organizer) perburungan manapun.

APBN memang sedang giat-giatnya melakukan pameran. Dan yang menjadi salah satu agenda pameran adalah membuka kelas kompetisi. Sekarang kelas kompetisinya lebih bervariasi. Dari yang hanya membuka kompetisi trotol. Sekarang juga ada kelas lepas trotol (anakan memasuki usia remaja yang telah lepas bulu piyiknya) dan kelas exebisi murai batu betina.

“Apapun yang menjadi kebutuhan anggota APBN akan kami tampung dan kami coba untuk melaksanakan. Karena memang pada saat ini hasil tangkaran masih muda semua. Tapi nanti ketika hasil tangkaran sudah banyak dan dewasa, kami akan membuka kelas murai batu seperti pada umumnya. Tentu saja khusus murai batu yang menggunakan ring APBN”, ucap Ridho Pulungan.

“Untuk lomba betina memang merupakan uji coba atau exibisi. Kita akan lihat postur tubuhnya. Ini juga khusus murai batu betina yang menggunakan ring. Tapi untuk exibisi kali ini ring yang digunakan tidak khusus ring APBN saja. Tujuannya adalah kita mencari indukan yang berkualitas. Jadi harapannya dengan indukan berkualitas anakan yang dihasilkan nanti juga akan berkualitas juga”, ujar Ivan Paris menambahkan. Ivan Paria sendiri juga menjabat Menkoinfo di APBN yang juga salah satu panitia APBN Expo. (red#1)