Murai Batu Warok II, Tampil Garang Berkat Ardha Radju

74

Ardha Radju, kicau mania asal kota Ponorogo ini memang sudah lama berkecimpung didunia perkicauan. Hobi ini memang diturunkan dari sang ayah yang juga merupakan kicau mania kawakan Ponorogo. Sejak masih sekolah, Ardha memang kerap di ajak sang ayah untuk meluruk lomba ke berbagai daerah. Sudah banyak gacoan yang dimilikinya, dan hampir kesemuanya berprestasi.

Kali ini Ardha muncul bersama gacoan barunya yaitu murai batu yang diberi nama Warok II. Mungkin banyak kicau mania Ponorogo bertanya-tanya, kenapa Ardha sekarang memilih burung murai sebagai gacoannya. Padahal sebelumnya, Ardha sukses melambungkan beberapa love bird miliknya. Ditemui di kawasan lomba belum lama ini, Ardha menjelaskan bahwa dia ingin mencoba gacoan yang terbilang baru dipegangnya ini. “Passion saya memang di burung love bird, tapi saya juga ingin mencoba tantangan baru dengan memegang burung jenis lain. Dan pilihan saya jatuh pada murai yang notabene perawatannya sangat berbeda dengan love bird. Warok II ini memang baru saya pegang, dan saya coba ikut di salah satu event yang diadakan di Ponorogo. Ternyata hasil coba-coba saya ini membuahkan hasil. Warok II berhasil nangkring di podium juara,” pungkas Ardha.

Kemunculan Warok II ini tentu saja menjadi ancaman dikelas murai. Bagaimana tidak, pada penampilan perdananya Warok II sudah berhasil melumpuhkan lawan-lawannya. Warok memang tampil ngotot dan fighternya cukup istimewa. Dilengkapi dengan isian dan besetan-besetannya yang lengkap dan kasar, membuat Warok II tampil garang digantangan. Bukan hanya itu saja, Warok II tak pernah terpengaruh dengan lawan-lawannya digantangan. Dalam setiap tampilannya, Warok II selalu ngedan dan memberikan penampilan terbaiknya.

Semua yang didapatkan Warok II tak lepas dari rawatan Ardha Radju. Bagaimana mungkin ada murai batu yang bagus jika cara merawatnya tidak benar, karena murai batu jawara hanya lahir dari perawatan. Pun jika anda membeli murai batu yang sudah jadi (sudah jawara) tetapi jika anda tidak merawatnya dengan baik maka kualitasnya pun pasti akan menurun. Kuncinya adalah di perawatannya, yaitu perawatan yang tepat dan konsisten.

Sebenarnya rawatan Warok II tak beda jauh dengan merawat burung kicauan yang lain terutama Murai Batu, namun ada beberapa rawatan yang berbeda dengan apa yang dilkukan kicau mania lainnya. Sebenarnya apa saja yang menjadi pembedanya tersebut? Marilah kita simak bersama apa yang akan di bagikan oleh Ardha Radju dalam merawat Murai batu Warok II.

  1. Angin-anginkan dengan cara menggantung/menggantangnya di teras selama kurang lebih 30 menit sebelum dimandikan. Tujuannya adalah murai batu agar beradaptasi terlebih dahulu.
  2. Setelah diangin-anginkan, maka selanjutnya adalah memandikan murai batu kesayangan anda. Untuk pemandiannya, anda bisa menggunakan karamba atau semprot, disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan MB anda.
  3. Setelah dimandikan, maka anda wajib menjemur MB agar bulu-bulu segera kering. Untuk penjemuran MB, lakukan segera setelah mandi selama 1-2 jam. Misalnya dari jam 8 pagi – jam 9 pagi atau dari jam 8 pagi sampai jam 10 pagi. Jangan menjemur burung diatas jam 11 karena dapat membahayakan kesehatan burung
  4. Pada saat menjemur MB sebaiknya anda tidak mendekatkan burung MB lain, bahkan mendengar suaranya apalagi melihatnya secara langsung. Pisahkan MB satu dengan yang lain.
  5. Untuk pakan harian Ardha memberikan voer premium Nanjung 105. “Dengan Nanjung 105 ini, pemberian jangkrik hidup maupun kroto sudah banyak berkurang. Yang tadinya pemberian jangkring bisa sampai 8 ekor sekali pemberian, sekarang tinggal 3 ekor saja. Pemberian kroto hampir tidak pernah lagi diberikan. Nanjung 105 ini memang sangat praktis karena didalamnya sudah lengkap kandungan yang dibutuhkan oleh burung,” tandas Ardha.

Rawatan sederhana tersebut rutin dilakukan Ardha Radju dalam setiap harinya. Kunci dalam merawat Murai Batu atau burung dari jenis lain adalah ketelatenan dan kesabaran. Jangan mudah menyerah apabila burung gacoan para Sahabat Ronggolawer’s belum menampilkan performa yang diinginkan. Kenali dan pahami kondisi dari burung gacoan anda. Semoga apa yang diberikan Ardha Radju dapat berguna bagi Sahabat Ronggolawer’s semuanya.