Murai Batu Tornado, Incar Posisi Di Kelas Murai Batu

39

Kelas murai batu masih menjadi kelas yang sangat panas di event-event lomba. Ramainya penggemar murai batu inilah yang membuat kelas ini selalu ditunggu-tunggu oleh para kicau mania. Salah satu penggemar jenis burung ini adalah Imam. Meskipun pemain baru, kicau mania asal Ponorogo ini yakin kalau dia mampu bersanding dengan para kicau mania kawakan lainnya. Imam bersama gacoannya yaitu Tornado, kini sering meluruk berbagai lomba baik Latber maupun Latpres. “Meskipun belum semua event Tornado bisa main dengan maksimal, namun saya yakin suatu saat pasti akan terwujud. Saya dan Tornado pasti bisa mengincar posisi istimewa di kelas Murai Batu,” ungkap Imam kepada mediaronggolawe.id.

Keyakinan Imam akan Tornado memang bukan sekedar khayalan belaka. Dari beberapa kali nampil, Tornado mampu menunjukkan performa terbaiknya. Kualitas Tornado kian hari kian menunjukkan peningkatan yang pesat. Mulai dari kestabilannya dalam setiap event yang diikutinya sampai dengan jiwa tarungnya yang semakin kuat. Bukan hanya itu saja, Tornado juga memiliki isian yang terbilang lengkap dengan seretan-seretan yang tajam dan memukau. Tornado juga anteng ketika digantangkan dengan gayanya yang sangat khas.

Imam mengungkapkan, kalau sebenarnya Tornado sangat mudah dalam hal perawatannya. Untuk perawatannya tersebut, Imam memang sangat telaten. Pakan harian saat ini Imam mempercayakan pada voer Nanjung 105 yang memang merupakan voer premium dan terbuat dari ekstrak serangga, buah-buahan dan herbal.  Untuk jangkrik diberikan 5 ekor pada pagi dan sore hari. “Pemberian jangkrik ini sudah sangat berkurang. Sebelum saya pakai Nanjung 105, jangkriknya bisa 7-9 dalam sekali pemberian. Kroto pun sudah jarang saya kasih,” pungkas Imam.

Untuk mandi dan penjemuran terbilang standart seperti murai batu yang lainnya. Dengan mandi 2-3 kali seminggu dengan menggunakan campuran Shampo berkualitas dari Ebod Jaya yaitu Shampo Jatijajar yang dapat membasmi kutu yang bersarang di bulu burung. Selain itu shampoo Jatijajar juga sangat bagus untuk menjaga keindahan bulunya. Penjemuran dilakukan setiap pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB dengan durasi 2 jam.

Pemberian air minum yang bersih serta tambahan multivitamin juga sangat berpengaruh dalam kinerja Tornado. Imam biasa memberikan air mineral yang sudah dicampur dengan multivitamin Ebod Vit yang bertujuan untuk menjaga kestabilan kondisi Tornado dan membuat Tornado rajin gacor. Pemasteran juga rutin diberikan Imam. Meskipun Tornado sudah memiliki banyak varian isian akan tetapi pemasteran ini tetap dilakukan agar Tornado lebih bagus dalam membawakan isiannya tersebut. Pemasteran ini bisa disesuaikan dengan karakter dan suara dari burung masing-masing.

Dengan rawatan harian yang sederhana dan pas tersebut serta tambahan materi isian yang istimewa Tornado siap bertarung dan menjadikannya murai batu papan atas. Dan semoga apa yang didambakan oleh Imam akan Tornado dapat terwujud. Pahami dan kenali dulu karakter dari masing-masing burung karena pola rawatan dan settingan ketika di lomba akan berbeda dari burung satu dengan burung yang lainnya. Salam kicau mania…