Murai Batu Suka Ngelowo, Ini Cara Singkat Mengatasinya

23181

Burung Murai batu semakin hari semakin banyak penggemarnya. Namun Sangat disayangkan apabila burung murai batu yang kita rawat mempunyai kebiasaan yang buruk dan tidak dapat tampil dengan performa yang bagus. Salah satu kebiasaan buruk burung ini cukup membuat pemiliknya jengkel, apalagi kebiasaan buruk ini keluar saat burung murai batu sedang mengikuti lomba burung berkicau, jelas akan mengurangi nilai dan tentunya gelar juara yang diharapkan akan melayang.

Kebiasan buruk murai batu yang sering dikeluhkan murai batu mania terutama para pemula yaitu Ngelowo atau Ngebatman, kebiasaan ini ditengarai sikap manja dengan  membuka dua sayapnya dengan mengeluarkan suara kecil atau bahkan tidak berkicau sama sekali dan turun ke bawah sangkar. Hal ini akan mengurangi nilai pada saat lomba dan tentunya tidak sedap dipandang mata.

Sobat Ronggolawers pasti ingin burung yang mereka andalkan menjadi juara di lapangan, setidak-tidaknya dapat bermain maksimal dan bisa memuaskan pemiliknya. Namun jika hal seperti ngelowo atau ngebatman terjadi,maka sang pemilik akan merasa kecewa dan bahkan akan merasa malu jika burung jagoannya melakukan kebiasaan buruk itu ketia sedang berlaga di arena fetival burung berkicau.

Nah, untuk itu Mr. Sapto Mozar, salah satu Murai batu mania dari kota Mojosari, akan membagi sedikit pengalamannya tentang menangani murai batu ngelowo atau nge-batman, siapa tahu tips dari Mr. Sapto Mozar bisa menjadi alternatif bagi kalangan Murai batu pemula.

Adapun beberapa masalah yang membuat burung MB (Murai Batu) ngebatman atau ngelowo di sebabkan adanya faktor dibawah ini. Yang diantara yaitu:

  • Bisa di karenakan burung murai batu terlampau manja.
  • Burung yang mabungnya tidak sempurna.
  • Belum tuntas mabung atau masih dorong ekor.
  • Mental belum kuat atau kurang baik.
  • terlalu OB (Over Birahi).

Penanganannya MB yang ngelowo ataupun ngebatman:

  • Sebaiknya burung di asingkan serta full kerodong.
  • Sering-sering di umbar di tempat yang luas.
  • Jangan pernah memberikan Extra fooding atau pakan dengan cara memberikan lewat tangan secara langsung
  • Jangan memaksakan MB yang kondisinya belum siap secara mental untuk di trek. Misalnya masih muda, belum tuntas mabung, masih dorong ekor, tidak fit atau sakit dan sebagainya.
  • Untuk burung yang OB (Over Birahi) bisa kurangi EF nya dan di setting ulang pemberian Ef nya. Intensitas memandikannya harus lebih sering, kalo perlu bisa di terapy mandi malam.

Sebenarnya banyak sekali metode untuk mengatasi Murai batu yang ngelowo atau ngebatman, tetapi informasi dari Mr. Sapto Mozar ini bisa menjadi alternatif dari seabrek metode. Nah, Sobat Ronggolawers, sekedar saran saja dari kami, dalam menangani masalah Murai batu ngelowo, sudah tentu tak hanya dari segi perawatan dan extrafooding saja yang menjadi penentunya, salah satu faktor penting lainnya yaitu selalu berikan EBOD JOSS. EBOD VIT. EBOD SOLUTION, selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta menjaga daya tahan tubuh si burung, pemberian Produk-produk dari EBOD JAYA GROUP tersebut bisa juga untuk mempercepat proses penanganannya.

Salam Ronggolawers. Selamat Mencoba. Bravo Muraibatu mania. Number Uno Kicaumania Nusantara!

Narasumber.
Mr. Sapto Mozar.
DennySby.02feb2016.
082142732763.