Murai Batu Sengkuni, Merajai Kelas Murai Di Kotanya

80

Bagi para kicau mania Ponorogo, nama Mr. Bayu pasti sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Kicau mania yang juga memiliki kios pakan burung ini memang sudah akrab dikalangan kicau mania Ponorogo. Memiliki gacoan Murai Batu yang dinamai Sengkuni, nama Mr. Bayu semakin dikenal di kotanya.

Mengaku sempat macet beberapa lama, Sengkuni kini merajai Latpres yang ada di Ponorogo. “Sengkuni ini memang dulunya burung berprestasi, namun entah kenapa sempat tak mau bunyi dan mogok ketika digantangan. Alhamdulillah, sekarang sudah kembali ke kondisi semula dan tetap setia dijalur juara,” cerita Mr. Bayu kepada mediaronggolawe.id. Sengkuni memang memiliki kualitas yang jempolan. Banyak kicau mania yang mengakui akan hal ini. Burungnya ngedur, volume tembus dan memiliki isian yang lengkap. Kalau untuk prestasi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Hasil yang diperoleh Sengkuni memang tak lepas dari campur tangan Mr. Bayu. Dengan rawatan harian yang dilakukan rutin oleh Mr. Bayu inilah yang membuat Sengkuni dapat kembali seperti semula dan mendapatkan segudang prestasi. Mungkin Sahabat Ronggolawers penasaran sebenarnya ramuan atau ajian apa yang diberikan Mr. Bayu kepada Sengkuni. Dan kali ini dengan senang hati Mr. Bayu akan mengungkapkan apa saja rawatan harian yang selalu rutin dia lakukan itu.

Untuk Extra Fooding (EF), Mr. Bayu memberikan 3 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari. Selain itu pemberian voer juga diberikan kepada Sengkuni dan pilihannya jatuh pada Voor Nanjung 105. Voor inilah yang dipercaya dapat mengembalikan kondisi Sengkuni sehingga bisa kembali seperti sekarang ini.  Nanjung 105 memang dibuat dari bahan pilihan dan berkualitas. Takaran vitamin, protein, mineral sangat pas untuk burung gacoan anda. Pemberian kroto segar hanya diberikan 1 kali dalam seminggu hanya satu sendok teh saja. Pemberian jangkrik maupun kroto sudah sangat berkurang semenjak menggunakan Nanjung 105. Untuk ulat hingkong biasanya hanya diberikan pada saat dilapangan sebelum digantangkan.

Mandi dan penjemuran terbilang standart seperti murai batu yang lainnya. Dengan mandi 2-3 kali seminggu dengan menggunakan campuran Shampo berkualitas dari Ebod Jaya yaitu Shampo Jatijajar yang dapat membasmi kutu yang bersarang di bulu burung. Penjemuran dilakukan setiap pagi hari sekitar pukul 07.00 dengan durasi 2 jam.

Pemasteran juga rutin diberikan Mr. Bayu. Meskipun Sengkuni sudah memiliki banyak varian isian akan tetapi pemateran ini tetap dilakukan agar Sengkuni lebih bagus dalam membawakan isiannya tersebut. Pemasteran ini bisa disesuaikan dengan karakter dan suara dari burung masing-masing.

Dengan rawatan harian yang sederhana dan pas tersebut serta tambahan materi isian yang istimewa membuat Sengkuni semakin berprestasi dari event satu ke event yang lainnya. Semoga apa yang disampaikan Mr. Bayu ini mampu mencerahkan para Sahabat Ronggolawers dalam merawat murai batunya. Pahami dan kenali dulu karakter dari masing-masing burung karena pola rawatan dan settingan ketika di lomba akan berbeda dari burung satu dengan burung yang lainnya.