Murai Batu Ritual Milik Mas Sar Kembali Tunjukan Kualitas Mewahnya Dengan Merebut Berbagai Gelar Juara

Bertepatan pada hari sabtu tanggal 19 Oktober 2019 lapangan Livia Ciaruteun Enterprise menggelar lomba burung berkicau yang bertajuk Aniversary Muhammad Ihsan Nugraha. Jalanya lomba cukup meriah karena di hadiri lebih dari 600 peserta kala itu, banyak sekali kelas yang di pertarungkan salah satunya kelas Murai Batu yang tetap menjadi favorit di kelas utama. Banyak sekali burung burung mewah yang turun kala itu, salah satunya bernama Ritual milik Mas Sar dari Bogor.


Sebelum ke pembahasan inti saya akan membahas sedikit frofil bahwa Mas Sar merupakan kicau mania asal bogor yang sudah melalang buana di beberapa lomba besar,banyak sekali pengalaman lomba burung tingkat Nasional yang beliau sudah lakoni. selain burung Murai Batu beliau juga memiliki banyak gacoan mewah dari jenis burung lain contohnya seperti Lovebird-Cucak Hijau-Pleci-Pentet dan lainya. Beliau juga selalu exist pada setiap gelaran untuk bersilaturahmi dengan seluruh kicau mania khususnya lomba lomba burung yang ada di sekitaran Bogor Barat.
Nama Murai Batu Ritual mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan kicau mania bogor, sudah banyak sekali gelar juara yang di raih oleh si ekor panjang ini. Tampilan ngotot ketika tampil di atas gantangan menjadi karakter khas dari Murai Batu Ritual. Berbicara tentang perawatan, Mas Sar memberikan pola rawatan yang cukup sederhana dan hampir sama dengan rawatan burung murai semana mestinya. Namun ada nilai lebih yang dimiliki Murai Batu Ritual yaitu karakternya yang ngotot- gaya aktif serta memiliki materi lagu mewah yang di tompang oleh volume kasar. Hal tersebut menjadikan Murai Batu Ritual selalu exist di setiap lombanya untuk merebut gelar sebagai sang jawara.