Kategori: Anggota APBN Breeding

Murai Batu Ring Akar Ponorogo, Dirintis Dari Indukan Jawara

Mediaronggolawe- Memiliki indukan Murai Batu trah jawara bukan hanya menjadi nilai plus, tapi bisa dikatakan sebagi lahan emas. Seperti halnya kandang milik om Suyoto Akar Jaya Ponorogo dengan merk Ring Akar Jaya.

Salah satu indukan andalannya adalah Wisanggeni, yang namanya telah moncer beberapa tahun silam, dalam beragam event dengan stabil menghiasi daftar kejuaran event lokalan hingga regional Jatim. Pemilik Ring Akar memang mengakui, beliau belum bisa lomba hingga luar provinsi, karena kesibukannya yang membutuhkan penanganan langsung darinya.

Kendati demikian, jangan anggap enteng Wisanggeni. Wisanggeni merupakan jago lawas kebanggaan kandang ternak ring Akar. Beberapa waktu yang lalu, Wisanggeni inilah yang menjadi buruan Murai mania kususnya blok timur. Kualitas isiannya yang komplit dengan ciri gereja tarung dan cililinnya yang panjang, masih dilengkapi dengan durasi kerjanya yang ngedur serta volume yang luar biasa.

Wisanggeni banyak didekati murai mania, bahkan tak enggan mereka memberikan penawaran yang menggiurkan. “ Bukannya nolak rejeki, tapi saya memang tidak berniat menjualnya “, kenang om Suyoto Akar Jaya. Meski kecewa, temen- temen yang serius ingin meminang Wisanggeni akhirnya pun memahami situasi ini.

Setelah deretan prestasinya bejibun, om Suyoto Akar Jaya akhirnya memutuskan untuk membreedingnya. Dan ternyata, anakan dari Wisanggeni pun tak kalah kualitas. Beberapa anakannya yang telah diambil oleh beberapa sahabat, kerap membintangi beberapa event lintas EO. Anakan Wisanggeni kini ada beberapa ditangan sahabat- sahabat luar daerah.

Setelah puas main sana sini, om Suyoto pun memiliki hasrat untuk membreeding gacoannya. Belanja burung- burung indukan trah jawara pun tak segan- segan dijabani. Memang butuh modal yang tidak sedikit. Tapi ini sudah menjadi pilihan, karena saya meyakini bahwa hobipun butuh keberanian.

Perjalanan pun dimulai dengan membangun beberapa kandang. Semua saya kerjakan sendiri untuk kesibukan, beber om Suyoto Akar Jaya. Sharing- sharing sama teman yang lebih senior didunia breeding pun dilakukan. Mulai cara- cara setting kandang, cara- cara menjodohkan, hingga proses kawin hingga berhasil menetas.

Lantas, apakah semua berjalan mulus ?. Ternyata tidak semudah itu. Beberapa masalah diantaranya burung tidak lekas kawin, telur tidak menetas, kematian anakan, sudah menjadi hal biasa bagi kisah om Suyoto Akar Jaya. Keuletan dan ketelatenannya lebih kuat dibandingkan masalah yang dihadapi. Pengalaman buruk dijadikan guru terbaik baginya.

Pelan tapi pasti, kandang breedingnya mulai menyinarkan kilauan emas. Beberapa pasang indukan berhasil produksi dengan tingkat keberhasilan nyaris sempurna. Menetasnya banyak, anakan sehat, dan dalam perjalanan menuju dewasa bakat fighternya telah terlihat. Melihat perkembangan yang luar biasa ini, semangatnya dalam menekuni breedingnya semakin kuat.

Soal rahasia keberhasilan breedingnya, om Suyoto mengakui tidak ada perlakuan istimewa. Beliau hanya sabar dan telaten dalam memahami karakter burungnya. Pemberian vitamin Ebod Breeding serta anakannya diberikan pakan bubur loloh Trotol dari Ebod Jaya, alhamdulillah hasilnya sudah bisa dirasakan.

Awalnya ring Akar ini tidak dijual karena buat main sendiri. Selain masih belum ingin menjadikan kandangnya sebagai lahan bisnis, om Suyoto Akar Jaya masih penasaran akan kualitas produksinya. Setelah beberapa kali dibawa kelapangan, teka- teki hasil produknya pun terjawab. Beberapa anakannya sukses moncer dan stabil. Bahkan, beberapa anakan yang diambil teman- teman luar kota pun sukses moncer dengan stabil.

Setelah yakin hasil breedingnya mampu bersaing, om Suyoto pun mulai berani melepas anakannya secara terbuka. Diluar dugaan, banyak teman- teman yang ngambil dan semuanya puas. Rencananya, Ring Akar akan terus dikembangkan. Saat ini sudah mulai proses untuk menambah produksi dengan membangun 8 kandang.

Bila anda penasaran dengan kualitas Ring Akar, bisa menghubungi om Suyoto Akar Jaya dengan nomor WA : 0852-5992- 9960.

( Mediaronggolawe/ Ebod Jaya )

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++Bila Breeding anda ingin diulas di mediaronggolawe, hub WA : 0857-4969-8061

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Berita Lomba
  • Profil

H Sabran Kembali Turun Gunung, Dengan Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran P2BG CUP 1 Gresik.

Kicaumania kawakan dari Gresik H Sabran kembali turun gunung, setelah beberapa waktu absen dari dunia…

8 jam yang lalu
  • Berita Lomba
  • Hasil Lomba

DAFTAR JUARA ROAD TO SHOW TUBAN AWARD CHAMPIONS 2, MINGGU 13 JUNI 2021.

Gantangan FNR Tuban sukses menggelar Road Show Tuban Award Champions 2 pada Minggu (13/6/21). Dalam…

3 hari yang lalu
  • Berita Lomba

Main 2 Minggu, Sukses 2 Kali Hattrick, Cendet MASTER Milik Syahril Polda

Burung yang satu ini, namanya memang sudah sangat dikenal oleh para cendet mania, hampir setiap…

7 hari yang lalu
  • Berita Lomba

Sangkar “MAWAR” Masih Stabil Mengharumkan H. Mahfud & Crazy Kenari.

Turun di laga akbar, P2BG Cup 1 Gresik, dengan membawa gacoan andalan SUGENG DALU pasukan…

1 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

P2BG Cup 1 2021, Gantangan Pasar Burung Giri Gresik. Sukses Di Padati Kicau Mania Dan Lovebird Mania Jawa Timur, Minggu 6 Juni 2021.

Burung-burung mulai dari legendaris dan pedatang baru dengan kualitas ampuh pun juga turut hadiri gelaran,…

2 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Lomba
  • Hasil Lomba

Anniversary 1st SMM, Aba Chamto jadi juara sejati gondol Mobil Brio + Data juara. Minggu, 06 Juni 2021.

Pagelaran lomba burung berkicau terakbar khusus Murai Batu yang bertajuk Anniversary 1st SMM ( Seduluran…

2 minggu yang lalu