Murai Batu Pablo – Tiap Hari Dijemur, Perdana Nampil Langsung Juara

83

 

Baru turun sebanyak 4 kali lapangan, Murai batu Pablo tak pernah absen meraih juara, gaco yang dibeli dari hasil patungan antara Pomo Jatmiko & Imam Kencono Wungu ini tergolong mempunyai penampilan yang cukup stabil.

Menurut Pomo, Pablo didapat dari sahabatnya asal Bandung, dengan kondisi lepas trotol, baru turun dilapangan sebanyak 4 kali, masing – masing di KM Cepoko Mulyo, HG Brother Pleret, Posma Sembego dan Kalasan Bersatu beberapa waktu yang lalu.

Hebatnya dari 4 kali penampilan, Pablo selalu tampil bagus dan masuk, bahkan dalam keadaan dorong ekor sekalipun, Pablo masih mampu menampilkan perform terbaik, adakah trick khusus dibalik semua itu ??

Om Pomo & Crew, Murai Batu Pablo Punya Prosfek Bagus Kedepan

Pablo yang diperkirakan berumur 1,5 tahunini punya postur yang proforsional dan terlihat gagah. Soal volume, Pablo punya volume yang cukup, dengan materi andalan suara tembakan cililin dan besetan cucak jenggot.

Pomo menjelaskan, sebenarnya tidak ada hal yang istimewa mengenai perawatannya, yang penting tiap hari rajin dijemur, porsi pemberian EF jangkrik masing – masing 5 ekor pada pagi dan sore hari, durasi penjemuran dilakaukan selama kurang lebih 1 – 2 jam, atau bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Setiap pagi Pomo memandikan, membersihkan sangkar, menjemur dan mengganti pakan serta air minum, hal yang sifatnya umum, hampir semua burung peliharaan melewati proses seperti ini. Selanjutnya burung diangin – anginkan  sekitar 10 menit sebelum dimasukan kembali ke kamar penyimpanan.

Efect dari rutin menjemur, menurut Pomo cukup memperngaruhi terhadap kinerja burung, “ kerjanya terlihat lebih lebih ngotot, rajin bongkar isian dan nyaris tanpa jeda “ ujar Pomo menambahkan.

Sedangkan waktu yang ideal untuk mnjemur burung menurut Pomo dilakukan sekitar pukul 07.00 – 09. 00, dimana pada waktu tersebut sinar matahari masih yang dipancarkan mengandung banyak vitamin D, untuk memperkuat jaringan tulang – tulang pada burung.

Begitu sebaliknya, jika tidak dijemur maka penampilannya terlihat lemas, seperti malas, paling – paling Cuma ngukluk, sama sekali tidak bongkar isian. Sedangkan setingan menjelang lomba cenderung sama dengan rawatan harian, cuma porsi EF jangkrik diberi 2 kali lipat dari biasanya, ditambah sedikit kroto.

Pakan harian berupa Voer Premium Nanjung 105 diberikan sebagai pengganti EF jangkrik dan kroto. “ inilah kegunaaan Voer Nanjung 105, ketika kita lupa ngasih jangkrik ataupun kroto, maka nutrisinya bisa digantikan oleh produk ini “ ujar Pomo menambahkan.

Selain dikenal sebagai murai mania, Pomo juga dikenal sebagai spesialis kacer, beberapa kacer orbitannya bahkan kerap meraih prestasi, sebut saja seperti bajak laut, tali kasih dan lain sebagainya. Pomo mengaku lebih bahagia dengan hadirnya murai batu Pablo. “ sangat bersyukur bisa mempunyai murai prosfek seperti Pablo, jadi ketika berlomba tidak hanya membawa satu jenis burung, namun juga bisa menentengnya sekaligus, biar tidak terlalu lama menunggu pergantian sesi ketika dilapangan, hehehe “ ucap Pomo sembrai tersenyum.