Murai Batu Ompol Dewa Ancaman Murai Mania Cilacap Barat

23

Murai Batu Ompol Dewa Ancaman Murai Mania Cilacap Barat

Jarang dilombakan, tetapi ketika lomba, burung yang bernama Ompol Dewa milik H. Saeful dari Ds Sidareja, Kec. Sidareja, Kab. Cilacap, Jawa Tengah, sering menjuarai beberapa event yang ada di wilayah Cilacap.

Ompol Dewa memang salah satu burung yang cukup disegani beberapa murai batu mania yang ada diwilayah Cilacap Barat khususnya. Kendati masih berumur sekitar 2 tahunan, burung ini mempunyai mental yang cukup berani.

Membuat kejutan saat digantangkan itu menjadi chiri khas murai batu Ompol Dewa. Isian yang beda dari tembakan murai batu biasanya, membuat beberapa juri dan penonton cukup tercengang dan bertanya-tanya isian apa yang keluar.

“Kalau Ompol Dewa memang tergolong  burung yang mempunyai keunikan dalam mengeluarkan suara jenis burung lainnya, kalau nembak lumayan beda dari yang lain, terkadang suara tembakan tajam, keras, tapi suaranya cukup aneh, seperti gabungan antara cililin dan pelatuk bawang, tapi nyatu,”ujar H. Saeful.

Pemilik burung yang terkenal karna murai batu Rambo ini memang salah satu suhu murai batu yang namanya cukup tersohor diwilayah Sidareja. Pria yang memiliki hobi muarai dan anis merah ini memang cukup disiplin mengurus burung-burung jagoannya.

Kendati pria ini juga salah satu peternak yang juga anggota APBN, beliau masih tetap fokus merawat murai batunya agar terus menjadi juara. Membagi waktu antara merawat murai lomba dan penangkaran benar-benar diatir dengan baik oleh H. Saeful.

H. Saeful PEmilik Murai Batu Ompol Dewa

“Kalau kita tidak bisa atur waktu dengan baik, tentu bakal kerepotan untuk ngurus burung. Soalnya semua harus diperhatikan, dari segi pakan dan jadwal makan yang tepat itu penting. Makanya, kalau saya masalah makan burung itu sangat disiplin dan yang terbaik,”ucap H. Saeful menambahkan.

“Buat saya muari yang buat lomba penting, tangkaran juga penting, pokoknya sama pentingnya lah, makanya jadwal makan jangan sampai meleset terlalu jauh, Alhamdulilah, dengan cara memberi pakan yang disiplin, voer yang berkualitas, Ompol Dewa sering jadi juara diberbagai event lintas EO, kendati belum pernah masuk event Nasional, saya juga sudah cukupn puas,”kata H. Saeful menambahkan.

“Pakan saya memang jujur voer biasa setiap harinya, nah, kalau mau lomba, sejak H-2 sudah saya ganti pakai voer Nanjung 105, itu sejak saya tau ada voer Nanjung 105. Sejak pakai voer Nanjung 105, eveknya cukup luar biasa.”ujar H. Saeful menambahkan.

Voer Nanjung 105 adalah voer Premium untuk burung kesayangan anda, pemakaian voer Nanjung 105 sudah mewakili kita untuk memeberikan nutrisi kepada burung, kandungan vitamin dan gizi yang terdapat pada voer Nanjung 105 sudah cukup untuk segala jenis burung ocehan. Maka dari itu, voer Nanjung 105 sangat dianjurkan untuk diberikan kepada jenis burung petarung.