Murai Batu Bandit, Mulai Stabil Di Gantangan

49

Nama Agus memang belum begitu akrab ditelinga kicau mania Ponorogo. Namun siapa sangka, kicau mania satu ini ternyata memiliki gacoan yang terbilang istimewa. Gacoannya tersebut yaitu murai batu yang diberi nama Bandit. Meskipun terbilang baru, namun Agus beserta Bandit mengaku siap meraimakan dan tentunya juga siap memanaskan kelas murai batu saat ini.

Agus mengaku mendapatkan Bandit secara tidak sengaja. “Pas pertama kali melihat Bandit, rasanya langsung cocok dan klop. Bandit ini juga saya dapatkan dengan harga yang terbilang ramah di kantong. Tapi untuk masalah kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi,” ungkap Imam belum lama ini. Bandit memang memiliki keistimewaan yang sangat menonjol. Soal materi isian, Bandit sangatlah komplit. Volumenya juga dahsyat dan didukung oleh gaya ngeplaynya yang satu titik.

Agus ingat saat pertama kali Bandit diajak meluruk salah satu Latberan di Ponorogo, performanya masih setengah dari seharusnya. Setelah beberapa kali penyetinggaan, barulah ketemu yang pas dan sesuai dengan karakter Bandit. Bertemu di kediamannya, Agus menceritaakan bagaimana cara merawat Bandit baik dari rawatan harian maupun rawatan lombanya. Mari kita simak seperti apa cara perawatannya.

Rawatan harian Bandit terbilang sangat sederhana dan tak pernah neko-neko. Untuk pakan harian, Bandit diberikan voer premium Nanjung 105. Setelah pemakaiaan Nanjung 105 ini, Agus mengaku pemberian jangkrik dan juga kroto sedikit berkurang. Yang dulunya pemberian jangkrik bisa 8 ekor sekali pemberian, sekarang tinggal 4 ekor saja. Nanjung 105 juga dipercaya ampuh meningkatkan stamina, meningkatkan daya tahan tubuh dan terpenting bikin burung ngotot bertenaga. Dan ini memang terbukti pada Bandit.

Untuk mandi dan penjemuran biasanya dilakukan pada pagi hari. Untuk Bandit sendiri lebih nyaman mandi di keramba. Penjemuraan biasanya dilakaukan pagi hari sekitar jam 07.00 WIB selama kurang lebih 2 jam. Angin-anginkan sebentar kemudian burng bisa dikerodong. Kebersihan kandang juga harus diperhatikan.  Ini mencegah adanya penyakit yang dapat membahayakan burung kesayangan kita. Vitamin Ebod Vit juga diberikan Agus secara berkala yang penggunaannya dicampurkan pada air minumnya.

Rawatan tersebut diatas rutin dilakukan Agus setiap harinya. Meskipun dalam kondisi sibuk, Agus selalu menyempatkan diri dalam merawat Bandit dan terbukti semua itu membuat Bandit mampu berprestasi dan mudah nampil ketika dilapangan. Semoga apa yang dibagikan Agus ini dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat Ronggolawers semuanya dalam merawat gacoannya terutama burung Murai Batu. Kenali dan paahami karakter burung anda masing-masing, agar memudahkan dalam perawatannya.