Meskipun Balibu, Love Bird Lintang Sudah Menunjukkan Segudang Prestasi

67

Shaqila, mungkin nama ini masih sangat asing bagi telinga kicau mania Ponorogo. Namun siapa sangka, ternyata Shaqila ini sudah membuktikan kehebatannya dalam mengorbitkan burung. Ada beberapa burung yang sudah berhasil dia orbitkan, antara lain jenis Cucak Hijau dan Kacer. Tak puas dengan kedua jenis burung tersebut, kini Shaqila juga merambah ke burung jenis paruh bengkok, yaitu Love Bird.

Dari sekian burung love bird yang ada di rumahnya, ada salah satu balibu yang cukup mencolok. Umurnya masih 4 bulan, namun sudah sangat kentara fighternya. Gacoan dari Shaqila yang diberi nama Lintang ini memang sangat receh ketika di rumah. Iseng-iseng pertama kali Shaqila membawanya ke Latberan yang ada di kota Ponorogo. Dan diluar dugaan, ternyata Lintang mampu bersaing dengan rival-rivalnya. Menduduki podium juara tentu membuat sang pemilik dibuat kaget sekaligus bangga. Dengan hasil pertama yang memuaskan tersebut, kini Lintang kerap di bawa ke Latpresan dan tentu saja hasilnya tak pernah mengecewakan.

Meskipun masih balibu, namun Lintang ini memiliki kekekan yang rajin dan panjang-panjang. Gayanya juga terbilang istimewa, tenang dan santai ketika digantangan. “Saya memang berusaha keras untuk melatih dan merawat Lintang dengan baik dan Alhamdulillah, Lintang saat ini sudah bisa ngekek ngedur. Lintang ini merupakan hasil ternakan saya sendiri, hasil dari indukan yang dulunya memang sering juara”, ungkap Shaqila kepada Mediaronggolawe.id di sela-sela lomba belum lama ini.

Menurut pengakuan Shaqila, Lintang merupakan burung yang mudah dalam perawatannya. Selain itu, ketika di gantangan Lintang gampang sekali nampil. Saat melihat musuh, Lintang langsung bekerja tanpa sedikitpun takut menghadapi lawan-lawannya. Memang, semuanya tak lepas dari Shaqila mulai dengan pemberian rawatan harian maupun rawatan lomba. Shaqila tidak pernah memberikan rawatan yang ekstrim dan neko-neko. Dengan rawatan yang biasa seperti halnya merawat lovebird lainnya membuat Lintang selalu dalam kondisi stabil.

Dalam pemilihan pakan, Shaqila mempercayakan pada produk Ebod Jaya yaitu Miltih yang terbuat dari milet putih pilihan dan berkualitas. Pakan Miltih ini juga diberikan kepada Love bird-Love birdnya yang lain. “Miltih ini sangat bagus kualitasnya. Meskipun harganya terjangkau tapi kualitasnya tidak murahan. Selain itu Miltih ini juga gampang nyarinya, hampir semua pakan burung di kota Ponorogo menjualnya”, ungkap Shaqila.

Perawatan-perawatan rutin mulai mandi pagi dengan spraying yang sudah dicampur dengan Shampo pembasmi kutu dan pengkilat bulu yaitu Shampo Jatijajar dan penjemuran selama 2-3 jam juga dilakukan Shaqila setiap harinya. Selain itu pemberian EF juga diberikan Shaqila kepada Lintang secara berselang.

Untuk rawatan lomba, biasanya Shaqila memberikan kangkung segar saat dilapangan dan pemberian multivitamin pengganti Ebod Vit yaitu Ebod Joss yang membantu kinerja Lintang digantangan. Dengan rawatan-rawatan yang sangat biasa itu bisa membuat Lintang semakin ditakuti lawan-lawannya. Kuncinya hanya ketelatenan dan kesabaran. Semoga Lovebird Lintang bisa terus berjaya dan berprestasi serta mampu menginspirasi para Sobat Ronggolawers semuanya. Salam Ngekek…

(ekopo-mediaronggolawe.id)