Meski Minoritas, Komunitas Hwambie Pasuruan Tetap Eksis Bergerak.

54

Hwambie adalah burung pemakan buah-buahan dan serangga kecil seperti semut, jangkrik kecil dan termasuk Spesies burung yang sangat agresif dan menyukai hawa udara dingin tak jarang di luar negeri sendiri burung ini lebih banyak dilombakan adu fisik dibandingkan menikmati alunan merdu suaranya.

Foto burung Hwambie.

Hwambie selain mempunyai suara yang merdu juga mempunyai warna yang cantik utamanya pada garis putih diatas kepalanya yang menyerupai alis. Burung Hwambie termasuk burung yang cukup mahal dari segi ekonomi, harganya cukup mahal diatas 1 juta up sehingga tak banyak yang memelihara burung ini.

Namun bagi yang berduit dan penghobinya soal harga bukanlah masalah karena memiliki kepuasan tersendiri dalam merawatnya apalagi bisa moncer dilapangan dan menjadi juara.

Hal itu pula yang disampaikan Mr. Shantok Shing Dedengkot Komunitas Hwambie Pasuruan saat ditemui Pewarta Mediaronggolawe.id, Minggu (07/04/19) di sebuah Event Cup di Pasuruan. Mr. Santok Shing mengatakan Bahwa Komunitas Hwambie Pasuruan ingin menunjukan eksistensinya sebagai minoritas dan ingin memperjuangkan Hwambie seperti diera jayanya dulu.

Komunitas Hwambie Pasuruan.

“Saya bersama Komunitas Hwambie Pasuruan memang sengaja ingin mengajak rekan-rekan komunitas kami untuk tetap aktif, eksis dan tetap berjuang mengembalikan kejayaan lomba burung Hwambie seperti dahulu lagi”. Katanya.

“Di era 80an hingga Akhir 90an Hwambie sangat ramai mas, hampir di tiap daerah setiap gelaran Baik, Latber hingga Latpres dan Event Cup selalu ramai oleh peserta, namun semenjak ada pelarangan pemerintah terhadap impor burung-burung dari cina karena isu Flu burung di awal 2000an, berimbas pada penghobi burung ini karena pelarangan dan isu tersebut”. Lanjutnya.

Komunitas,Hwambie Kompak berjuang bersana-sama.

“Saya selaku Ketua dari Komunitas Hwambie Pasuruan hari ini mengundang seluruh komunitas Hwambie utamanya Jawa Timur hadir digelaran Cup ini guna reoni sekaligus berusaha dan berjuang mengenalkan kembali Hwambie sebagai burung kontes singing karena untuk Zaman milenial seperti sekarang hampir tak ada yang tahu dan faham dengan bagusnya kyalitas olah vokal burung ini. Tambahnya.

“Harapan kami kedepan semoga pemerhati burung nasional bisa melirik komunitas kami dan mengadakan event khusus buat Hwambie yang jujur selama ini dilupakan. Sayapun berharap agar di tiap-tiap gelaran baik Latber, Latpres hingga Cup Ketua Eo dari masing-masing gantangan membuka kelas Hwambie agar nantinya bisa ramai seperti dulu”. Tutupnya.

Sebagai pemakan buah-buahan dan serangga kecil, Hwambie tentu tergolong burung yang memerlukan perawaran yang khusus dan dibutuhkan ketelatenan. Ebod Jaya sebagai Produsen pembuat makanan Burung berkicau juga menyediakan Produk bagi burung kesayangan anda yaitu Voer Premium Nanjung 105. Mengandung Ekstrak Serangga, Ekstrak Buah-buahan dan herbsl alami yang mampu memenuhi kebutuhan Gizi dan Protein yang cocok digunakan bagi burung kesayangan anda seperti Murai Batu, Cucak hijau termasuk Hwambie.

 

 

 

M. Ganda Gunawan Amd Kep. TTL: Bojonegoro 13 juli 1983. Alamat: Jl. Raya Beji No. 06 Rt. 04 Rw. 03 Beji Pasuruan. Agama: Islam.