Merput Jaya BF Panangkaran Dalam Rumah Khusus Murai Batu Ekor Panjang

385

Merput Jaya BF Panangkaran Dalam Rumah Khusus Murai Batu Ekor Panjang

Merput ( Merah Putih ) Jaya BF salah satu penangkaran milik Masum asal Tinggar Jaya, Sidareja, Cilacap Barat, Jawa Tengah, yang cara beternaknya menggunakan tempat kosong di area dalam rumah saja.

Penangkaran yang sengaja di buat di dalam kamar dan ruangan tamu ini ternyata produksinya tidak tergangu, kendati tempat penangkaran sering untuk berlalu lalang keluarga Masum dan tamu-tamu yang sering singgah di kediamannya.

Berada sedikit di pelosok desa, menjadikan keuntungan tersendiri bagi Merput Jaya BF, lokasi yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kendaraan bermotor, menjadikan suasana penagkaran terlihat nyaman dan cocok untuk peternak murai batu.

Meskipun selalu berdekatan dan ber interaksi dengan penghuni nya, beberapa pasang indukan murai batu sepertinya tidak merasa terganggu.

LOKASI PENANGKARAG DI AREA DALAM RUMAH, KAMAR DAN RUANG TAMU, INDUKAN TETAP PRODUKSI BAGUS

“Setiap hari ya buat mondar mandir keluarga, tetangga, terkadang tamu yang mampir ke rumah saya, tapi ya mungkin sudah terbiasa kali ya, jadinya ga terganggu, telor ya telor aja, netas ya netas aja, pokonya gak terganggu dengan kehadiran siapun, meskipun tempat penangkaran selalu ramai berlalu lalang orang,”ucap Maksum kepada Mediaronggolawe.id, saat di sambangi di kediamannya, Selasa malam ( 12/2/2019 ).

Dalam menangkarkan murai batu, tentunya banyak keuntungan dan kendala yang menghampiri, keuntungannya jika trotolan laku keras, kendalanya jika indukan sakit atau produksi kurang lancar, atau anakan yang bisa mati seketika.

Kendala burung seperti yang diatas jarang di temui oleh peternak Merput Jaya BF, pasalnya, Maksum selalu menyiasati agar peternakannya tetap lancar, dengan cara menjadikan indukan tetap sehat dan memiliki birahi yang setabil.

“Kalau saya bagaimana caranya, indukan nya yang sehat dulu, bisa produksi lancar. Kalau saya mengutamakan indukan jantan dari murai batu ekor panjang, yah pokoknya ekor panjang yang sudah berprestasi ya yang saya jadikan bibit.”ungkap Maksum mejelaskan kepada Mediaronggolawe.id.

Untuk menjaga kesehatan indukan, memeperlancar produksi, membuat telur bagus sampai menetas, menjaga metabolisme tubuh pada indukan, memang menjadi kewajiban para breeder di seluruh Nusantara, tidak jauh dengan para penagkar yang lain, Maksum juga melakukan hal yang sama.

“Setiap penangkar sudah pasti mengutamakan indukan tetap terjaga metabolisme tubuhnya, kalau saya gak mau ribet harus ini, harus itu, saya kasih aja Ebod Breeding setiap harinya, Alhamdulilah sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti untuk indukan, telur menetas dengan baik, dan anakannya semua sehat sampai ke tangan pembeli,”ujar Maksum menjelaskan bawah beliau menggunakan Ebod Breeding untuk semua indukannya.

Bp MAKSUM, PEMILIK PENANGKARAN MURAI BATU MERPUT JAYA BF

“Untuk pakan sendiri dari dulu saya ngracik sendiri, lumayan memakan waktu, kurang praktis aja, sejak saya tau ada pakan Trotol kusus lolohan dari Ebod Jaya, saya langsung nyari-nyari, kalau di toko sini masih susah, tapi kalo pesen online ada juga, ini saya udah beli, ya untuk coba-coba dulu, kalo cocok ya buat langganan, biar gak ribet ngraciknya,”ungkap Maksum menambahkan.

Vitamin Ebod Breeding adalah vitamin yang sangat di anjurkan bagi seluruh peternak. Dengan menggunakan Ebod Breeding, indukan bisa tetap terjaga kesehatanya dan produksinya semakin lancar, jika buat anakan pakai pakan lolohan TROTOL dari Ebod Jaya lebih praktis dan mengandung banyak gizi serta serat yang di butuhkan oleh trotolan.