Merawat Anis Kembang Rontok Bulu

2216

[doptg id=”2695″]

 

Merawat atau menangani anis kembang yang sedang rontok bulu ternyata cukup susah, banyak para anis kembang mania saat burung andalannya rontok bulu cemas melakukan perawatannya, sebab penanganan burung ini berbeda dengan perawatan saat burung ini belum rontok bulu. Kalau sudah begitu, si pemilik atau perawat tentunya harus menemukan sendiri cara perlakuan terhadap burung kesayangannya sedang mengalami rontok bulu.

Tempatkan di lokasi yang tenang. Dari berbagai temuan cara perawatan anis kembang yang sedang rontok bulu, untuk mempercepat proses pergantian bulu burung yang perlu diperhatikan adalah faktor penempatan atau peletakkan. Bila mengetahui bulu burung ada yang rontok, hal itu adalah pertanda burung sedang memasuki proes rontok bulu, untuk selanjutnya burung segera ditempatkan di lokasi yang jauh dari hiruk pikuk suara burung lain, agar burung yang yang memasuki proses rontok bulu tadi bisa tenang dan tidak terangsang untuk mengimbangi suara burung lain.

Full kerodong. Ditempat yang tenang sebaiknya burung dalam keadaan selalu dikerodong. Pada saat seperti ini burung tidak perlu dimandikan atau dijemur, biarkan tetap dalam pengerodongan, sesekali sangkar diturunkan hanya untuk menganti atau mengisi pakan serta minumnya saja.

Setelan pakan sama seperti setelan pakan harian. Soal komposisi pakan berikan sebagaimana pakan keseharian diberikan, misalnya jenis voer serta komposisi. Demikian juga dengan kroto segar boleh juga diberikan sebagaimana biasanya, begitu pula jangkrik juga harus tetap diberikan, Cuma porsinya sedikit dukurangi.

Mandikan burung jika sudah banyak bermunculan bulu muda. Setelah bulu anis kembang banyak yang rontok dan bermunculan bulu muda, barulah burung bisa dimandikan dan dijemur sebentar. Dalam pertumbuhan bulu barubiasanya ada yang pertumbuhan bulunya lambat seperti pada bulu dada atau bulu pada kepala anis kembang, hal ini tidak perlu dicemaskan, karena hal demikian adalah keadaan yang alami, sebab burung dialam liar juga mengalami hal seperti ini. Yang penting bila menghadapi bulu yang lambat tumbuhnya, maka intensitas mandinya dipersering saja, misalnya kalau mandi diberlakukan pada pagi hari saja, maka sore harinya bisa dimandkan lagi, begitu seterusnya. Lambat laun akan membantu bulu anis kembang akan tumbuh lebih cepat.

Tetap memberikan isi gacoran suara burung master. Agar burung anis kembang tidak kehilangan lagu aslinya, maka suara burung-burung master harus diberikan meski pada saat bulu-bulu muda mulai tumbuh sampai burung anis kembang mulai belajar gacor mengikuti suara isian burung master lagi. Jadi jangan memaster burung anis kembang yang sedang rontok bulunya, sebab hal itu bisa memperlambat proses rontok bulu pada anis kembang.

Sobat Ronggolawers. Demikian tadi ulasan artikel tentang Merawat Anis Kembang Rontok Bulu. Semoga artikel yang kami ulas diatas dapat menambah ilmu serta informasi buat sobat Ronggolawers di seluruh nusantara. Salam Ronggolawers. Bravo Anis Kemabang Mania.
Berbagai sumber.
DennySby_31.