MENJAGA SILATURAHMI DAN PRESTASI SPLN BEKASI – UTARA

36

Seputar Perawatan Love Bird Nusantara (SPLN) adalah kominitas Love Bird Mania, yang bertujuan untuk berbagi satingan satu sama lainya. Komunitas ini telah menyebar dan ada di seluruh Nusantara sesuai dengan namanya.

Om Herman – Ketua SPLN Korwil Bekasi, (Acara Ebod Bird Race 13/04/19)

“Memang kalo orang umum lihat sepertinya kecil, tapi sebenarnya SPLN telah menyebar hampir diseluruh wilayah Nusantara. Satu yang terpenting adalah kami solid” ujar om Herman kepada awak media saat ditemui di acara Ebod Bird Race (13/04) yang diadakan oleh Oesman Organizer di Lap. Marlay.

Menurut Om Herman SPLN terbagi menjadi korwil-korwil diseluruh Indonesia. Om Herman adalah ketua Korwil Bekasi, untuk Bekasi sendiri terbagi menjadi Utara, Barat, Timur dan Selatan. Untuk mempererat silaturahmi antar anggota khususya wilayah Bekasi biasanya diadakan pertemuan rutin sebulan sekali diluar waktu gantang, biasanya diadakan keliling dari rumah kerumah. Namun karena kesibukan masing-masing anggota beberapa bulan terakhir sudah jarang diadakan. Tidak ada paksaan untuk anggota hadir di pertemuan rutin bulanan. Karena menurut Om Herman salah satu alasan perpecahan suatu komunitas adalah saat salah satu anggotanya berhalangan hadir saat kopdar, dan anggota lain mempermasalahkanya. Sesama anggota harus saling memahami kepentingan satu samalainya diluar urusan dunia burung. Begitu pula saat latberan, tidah harus selalu main bersama satu titik.

Om Hendra – Acara Ebod Bird Race, Oesman Org (13/04/19)

Kebetulan Om Herman tingal di Bekasi Utara, dia lebih sering menggantang bersama di gantangan seputaran Bekasi Utara salah satunya Oesman Organizer di Lap. Marlay yang rutin main setiap Senin dan Minggu, om Rose One dan Om Hendra yang tidak pernah absen.  Beberapa anggota yang aktif di Bekasi Utara adalah Om Hendra, Rose One, Robby, Jongkong dan Reihan. Untuk yang di Bekasi Barat lebih sering menggantang di Lapangan RBS.

“Silaturahmi rutin di gantangan Bekasi Utara, kalo hari libur pasti satu titik. Saat ini biasa di Lapangan Marlay, terkadang di VGH pokonya muter saja dimana yang nyaman bisa enak main dan penialian fair play” ujar Om Rose One salah satu anggota SPLN Bekasi Utara.

Om Roswan – Acara Ebod Bird Race Oesman Org. @Lap. Marlay (13/04/19)

Untuk perawatan burung semua saling berbagi, sesuai namanya SPLN. Menurut om Herman anggota SPLN korwil Bekasi Utara tidak ada yang pelit ilmu, semua saling berbagi menganai pola perawatan burung. Nantinya akan kembali kemasing-masing pemilik burung, beda burung beda karakter tidak ada yang bisa disamakan. Jadi masing-masing anggota nantinya tetap mencari pola perawatan yang tepat untuk burungnya sendiri, yang tentunya dengan referensi dari pola perawatan burung anggota lain yang sudah juara.

“Saat ini enak merawat burung, banyak vitamin dan pakan untuk burung juara dipasaran, salah satunya Miltih dari ebod, saya pake karena bersih jadi kita ngga perlu repot nyucinya juga enak untuk kita oplos dengan pakan lain. Hari ini SPLN kalah bersaing sama yang lain, cuma satu kali juara satu Imut punya om Mirta, yang lain nominasi saja ada Candil milik saya juara tiga, Ucil milik om Pergas juara tiga, dan Noby milik om Raihan juara 5” ujar om Herman sebagai penutup.

Om. Robby – Acara Ebod Bird Race – Oesman Org. @Lap. Marlay (03/04/19)