Mengintip Perawatan CUCAK HIJAU Seharga 85 Juta

264

[doptg id=”1163″]

 

CUCAK HIJAU ARJUNA MILIK MR. HERMAN MANDIRI SEMARANG

Mr.Herman selain mempunyai Murai batu Sambung Nyowo, Cendet Plat H dan Anis Merah Prabu Beliau juga mempunyai Cucak hijau Arjuna yang kerap meraih Hatrick di beberapa Event.

Menelusur ke belakang awal mula pengusaha kain ini terjun ke dunia hobi burung bermula dari seringnya Beliau di tahun 2005 di ajak salah seorang Saudara berlomba di beberapa tempat, pengalaman pertama berlomba langsung membuahkan hasil manis dengan moncernya beberapa burung yang di bawa, dan sampai sekarang Beliau mengaku ketagihan untuk mengikuti berbagai ajang Lomba burung berkicau.

Motivasi Utama yang mendorong keikutsertaan Beliau di berbagai kejuaraan tak lain karena kecintaannya terhadap berbagai jenis burung berkicau, selain itu dijadikan ajang silaturahmi antar sesama penghobi, ya sukur–sukur mendapat klien dari usaha yang tengah digelutinya di kota Semarang itu.

“Hampir tiap akhir pekan saya selalu berlomba, menang atau-pun kalah itu urusan belakang, yang terpanting bisa saling merapatkan barisan antar sesama penghobi burung, hal yang paling membanggakan tentu bisa melihat jagoan nampil di atas lapangan sukur–sukur bisa juara, dukanya bila para juri kurang memantau dengan fair, datang ke perlombaan seolah–olah sebagai ajang kondangan saja “Ungkap Mr.Herman kala di tanyai soal suka duka berlomba.

Salah satu jagoannya yang sering Moncer Ialah Cucak hijau Arjuna yang kebetulan di rawat oleh Om.Adit, prestasi yang berhasil di torehkan Arjuna diantaranya nyaris Hatrick di Pandu Cup Salatiga, Hatrick di Kapolres Cup Salatiga, Dandim Cup Kudus, hingga Moncer sebagai yang terbaik di kelas utama Bupati Cup II Batang pada 19 April 2015 lalu.

Di Event Bupati cup II Batang sebenarnya Mr.Herman merasa ketar–ketir dengan kondisi bulu ekor pada Arjuna yang rontok sebanyak 2 helai sebelum bertanding, Om.Adit selaku perawat pun langsung mengambil tindakan dengan menyediakan Cepuk mandi dan air di campur 1 tutup botol Shampo Jati Jajar, hasilnya Ia tetap nampil tanpa beban dan langsung moncer di kelas Utama / Bupati.

Om.Adit menuturkan kepada Mediaronggolawe, bahwa perawatan yang dilakukannya terhadap Arjuna antara lain :

  • Hariannya harus selalu di krodong, pagi hari mulai pukul 07. 00 burung dikeluarkan dari dalam rumah, mandi pake cepuk seperti burung–burung lainnya menggunakan shampo jati jajar.
  • Bersihkan kandang harian, ganti pakan berupa pisang dengan yang baru.
  • Berikan Extra Fooding berupa jangkrik sebanyak 3 ekor.
  • Ganti air minum dengan yang baru lalu berikan 5 tetes Ebod Vit agar burung selalu tampil bugar.
  • Penjemuran dilakukan selama 3 jam setiap harinya, tergantung cuaca.
  • Setelah itu angin–anginkan burung selama 30 menit sebelum di krodong kembali.
  • Waktu istirahat antara pukul 11. 00–15. 00 burung diletakan / di gantang bersama beberapa burung master seperti Cililin, Greja, dan burung–burung kecil lainnya yang kerap dijadikan burung master.
  • Pukul 15. 00 burung kembali dikeluarkan dari dalam rumah, lalu di angin–anginkan selama 45 menit, berikan Jangkrik sebanyak 3 ekor
  • Setelah di rasa cukup kemudian burung kembali di krodong dan dimasukan ke dalam rumah sampai keesokan harinya.

Sedangkan untuk perawatan lomba pada Arjuna tidak-lah jauh berbeda dengan perawatan hariannya, antara lain :

  • H–3 (Hari Jumat), Extra Fooding mulai di glontor menjadi 15 ekor perhari.
  • Untuk menggenjot stamina tambahkan Ebod Joss campurkan 5 tetes ke dalam air minumnya.
  • H–2 Lomba pemberian Jangkrik mulai di kurangi menjadi 6 ekor per harinya.
  • H–1 Lomba pemberian jangkrik Cuma sebanyak 3 ekor dan full kroto.
  • H–H Lomba berikan Pepaya segar sebagai pakan hariannya, jangkrik 3 ekor dan Ulat Hongkong 3 ekor.
  • 30 menit sebelum di gantang sebaiknya burung dimandikan, setelah semua bulu nya kering barulah burung siap untuk tampil.

Ngentrok Njambul, begitu gaya bertarung dari Arjuna, angkatan pertama pasti suara burung greja, dan beberapa kali menguarkan suara tembakan khasnya, nyaris dari awal tanpa akhir, ungkap Om.Adit menggambar kinerja Arjuna kala di atas gantangan.

Sahabat Ronggolawers penasaran dengan sosok Mr.Herman Mandiri ataupun ingin sekedar bertukar pikiran seputar perawatan burung bisa menghubungi di nomor telepon 081 – 229 – 713 – 17.
(panji/ 10)