Mengetahui Karakter Murai Batu Pada Masa Penjodohan

1505

Mediaronggolawe.com – Sahabat Ronggolawe kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips untuk penangkaran Burung Jenis Murai Batu. Berbicara soal penangkaran pasti kita memerlukan pasangan atau jodohan dari burung berkualitas supaya bisa menghasilkan anakan yang baik pula. Langkah pertama yang wajib kita ketahui yaitu pengenalan karakter murai batu itu sendiri, pada masa penjodohan biasanya Murai Batu Lakian suka terlihat lebih agresif atau galak, jadi kita harus memberikan pengenalan dulu terhadap si betina dengan cara dikurung dalam sangkar kotak ukuran kecil di dalam kandang ternakan. Proses tersebut bisa anda lakukan selama Murai Batu lakian tersebut bisa lebih mengenal sang Betinanya supaya bisa cepat kawin.

Setelah saya survey ke berbagai peternakan di setiap wilayan di Nusantara ada beberapa perbedaan tentang cara mengembangbiakan anakan ataupun sering dibilang Piyik dengan cara masing-masing dari peternak itu sendiri. Salah satunya ada yang dibesarkan dikandang oleh indukan, adapula yang diloloh oleh tangan sang peternak. Proses tersebut sangat mempengaruhi kinerja serta mental ketika Murai Batu anakan ketika beranjak dewasa dan ditampilkan di sebuah perlombaan.

Biasanya proses pemilihan pasangan dilakukan cukup lama untuk menghasilkan jodohan yang tepat. Pada tahap penjodohan sendiri selalu berdampak negative ketika pasangan Murai Batu ada yang tidak suka terhadap pasanganya. Hasilnya bisa terlihat lebih kasar ataupun galak kepada pasanganya. Tidak hanya tahap penjodohan saja, ketika Murai Batu sudah melakukan proses kawin dan menghasilkan telor sampai menetas, sang anak ataupun piyik ada yang dikeram sampai besar, adapula yang sampai dibunuh oleh indukanya. Kenapa hal tersbeut bisa terjadi karena Proses penjodohan itu sendiri harus tepat dan teliti jangan sampai kita tidak mengenali karakter sang burung.

Ebod Breeding adalah vitamin khusus untuk ternak / breeding burung kicauan, yang mampu menjadi solusi bagi kicau mania yang berniat menghasilkan investasi dari burung kicauan perliharaannya, Ebod Vit dapat menjadi salah satu vitamin pilihan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan, merangsang produktifitas telur dan sekaligus memperbaiki kualitas telur, dengan demikian telur dan anakan yang dihasilkan memiliki mutu yang bagus, berkualitas dan produktif tinggi. Cara pakai Ebod Breeding kita bisa berikan 5 sampai 10 tetes kedalam wadah air minumnya setiap hari, sampai proses perkawinan berbuah menjadi telur dan lanjut masa pengeraman.

Hal yang saya jelaskan diatas bisa anda cermati dan lakukan untuk menghasilkan proses penangkaran yang bagus juga bisa mendapatkan hasil anakan yang baik pula. Oleh karena itu anda harus teliti dalam memilih indukan dari burung yang berkualitas serta betina yang mudah bertelur. Demikian penjelasan tentang pengenalan Karakter Murai Batu pada saat masa penjodohan, semoga bermanfaat. (Dicky Mei 2017)