Memahami Dan Menangani Burung Cendet Yang Mbayini, Miyik’i

518

[doptg id=”2689″]

 

Beri Makanan Hidup Agar Mentalnya Kembali Seperti Sediakala

Semua sobat ronggolawers dan kicau mania pasti setuju kalau burung cendet merupakan burung kicauan predator yang terkenal ganas tetapi sangat mudah beradaptasi dengan manusia, karena kemampuan beradaptasinya yang bagus sehingga burung ini bisa manja pada majikannya atau si perawatnya, meskipun burung sudah berumur dewasa. Apabila sifat manjanya ini keluar, maka tampak seperti burung yang masih piyikan atau anakan yang selalu merengek-rengek seperti saat anakan cendet minta makan. Istilah ini biasa di sebut oleh cendetmania dengan sebutan Mbayini, Miyik’i dan sebagainya.

Sifat manja burung cendet terhadap majikan atau perawatnya bukan sesuatu yang baik pagi kicaumania, tetapi akan menjadi momok yang menakutkan bagi penggemar burung pentet atau cendet. Jika burung Pentet atau cendet sudah seperti ini maka akan menjadi hal yang merepotkan nantinya dan membuat kesal majikan atau perawatnya, karena burung cendet yang mbayini atau miyik’i ini akan menjadi malas untuk ngacor, bahkan hal yang paling menakutkan lagi, yaitu. Cendet akan hilang sifat fighternya ketika bertemu dengan burung cendet yang lain, jelas hal demikian akan merugikan apabila kita ikutkan lomba.

Untuk itu, kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara atau penanganan untuk mengatasi burung cendet yang mbayini. Yang tentunya bisa sedikit membantu kalangan cendet mania pemula apabila mengalami hal ini dalam merawat cendet kesayangannya.

Berikut ini adalah tips cara mengatasinya:

  • Mengasingkan burung untuk sementara waktu.
    Hal ini bertujuan agar siburung tidak terlalu sering berinteraksi dengan manusia. Caranya, kita bisa lakukan dengan cara full krodong. Tetapi jangan lupa untuk tetap memantau pakan dan minuman didalam sangkar.
  • Jemur dengan waktu yang lama.
    Penjemuran dengan durasi yang lama bisa juga untuk mambantu mengatasai hal ini, karena di alam liar burung cendet menyukai cuaca yang panas, dengan penjemuran yang lama maka bisa membantu menaikkan birahinya tanpa extrafooding dalam jumlah yang banyak dan membuat burung menjadi beringas seperti sifat aslinya yang fighter.
  • Jangan memberikan pakan atau EF lewat tangan secara langsung.
    Karena jika kita memberikan makanan atau extrafooding secara langsung lewat tangan, dampaknya membuat burung ketergantungan kepada majikan sehingga jika melihat majikannya akan merengek-rengek minta makan.
  • Berikan makan hidup seperti kebiasaan cendet dialam liar.
    jika perlu, biarkan burung pentet atau cendet yang lapar dengan memberikan burung kecil seperti emprit atau pipit yang masih hidup masukkan kedalam kandangnya.biarkan hingga burung kecil ini di lahapnya sampai habis. Ini berfungsi untuk mengembalikan sifat aslinya seperti di alamnya yang memangsa burung-burung kecil, kadal, ikan kecil, serangga dan lain-lain.

Sobat Ronggolawers, demikianlah tadi artikel tentang Memahami Dan Menangani Burung Cendet Yang Mbayi, Miyik’i. Semoga bisa membantu para sobat ronggolawers dan cendet mania pemula apabila mengalami permasalahan seperti ini pada cendet kesayangan anda. SALAM RONGGOLAWERS. SALAM CENDET MANIA. BRAVO KICAU MANIA NUSANTARA.
Berbagai sumber.
DennySby_19.