Mb “Joleno” Milik Om Imbar, Pernah Mau Ditukar dengan Honda Brio

230

Mediaronggolawe.id – Untuk urusan prestise, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini,  lomba burung berkicau hanya ada dua jenis burung yang masih menduduki peringkat satu dan dua. Murai batu dan cucak hijau. Meskipun belum ada indikator yang menyatakan adanya peringkat, namun jika dilihat dari jumlah peserta dan harga tiket, ke dua burung itulah yang sekarang menempati papan atas. Tanpa mengecilkan arti keberadaan jenis burung yang lain, tetapi itu lah faktanya.

Hampir di setiap daerah terdapat penggemar/ pemain murai batu, bahkan ada daerah- daerah yang menjadikan murai batu sebagai maskotnya. Tidak terkecuali Brebes. Kabupaten paling barat dari Propinsi Jawa Tengah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapa yang tidak kenal dengan “Joleno” ? nama murai batu yang tiga tahun terakhir ini selalu mengisi daftar juara di even-even wilayah pantura, Pekalongan, Tegal, Slawi, Brebes, Cirebon, Indramayu, Subang, bahkan belakangan ini mulai merambah ke Jawa bagian selatan, Piala Pasundan, Bandung.

Adalah Om Imbar Triadi Ttnt, anggota Polres Brebes, sejak 15 September 2016  telah take over “Joleno”  dari Klaten, burung waktu itu umur sekitar 3 tahun. Di tangan Om Imbar, prestasi “Joleno” makin menjadi. Beberapa even yang telah diikuti antara lain, Juara 1 Water Park Widuri Pemalang, Nominasi 5 Piala Pakualam 6, Piala Pasundan juara 2, juara 1 Sultan Sepuh XIV Cup, Nominasi 7 Piala Raja, Juara 1 Piala Bupati Subang, Piala Endog Asin juara 2, dan masih banyak lagi kejuaraan yang tidak disebutkan disini. Dari lomba-lomba yang diikuti dan prestasi yang ditorehkan, “Joleno” sempat mau ditukar dengan Brio, tapi Om Imbar, belum melepasnya.

Dalam merawat “Joleno”, Om Imbar tidak terlalu mengistimewakannya, karena tugas sebagai Anggota Polri, sudah menyita waktu dibanding merawat burung. Untuk penjemuran burung, cukup 10 menit, itu saja setelah burung dimandikan, dalam satu minggu burung dua kali dimandikan, pakan harian sebagai pengganti nutrisi dan penambah tenaga, burung diberi Nanjung 105 Produk Ebod Jaya. Untuk menghadapi even Piala Canting, “Joleno” sekarang dalam kondisi on fire.

Sebagai anggota Polri berpangkat Bripka, dan juga sebagai anggota masyarakat, Om Imbar dipercaya untuk momong Kicau Mania Brebes, mendirikan lapangan burung,  yang notabene warga Brebes belum mempunyai tempat latihan burung, maka didirikanlah lapangan burung yang diberi nama New Brebes Bird Club. Selain untuk mengadakan kegiatan latber setiap Selasa dan Sabtu, New BBC juga mengadakan even Kapolres Cup, yang pesertanya sampai ke Jawa Barat.

Sebagai club burung, belum lama ini (April-2019-red), New BBC telah merebut kejuaraan Bird Club (BC) di Piala Bupati Tegal. Hal ini menunjukkan keberhasilan Om Imbar dalam menjaga kekompakan dan soliditas Kicau Mania Brebes.

 

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, tugas dan hobi dapat berjalan beriringan asal kita dapat memanage waktu dengan tepat.(yus-tegal)