Manfaat Kunyit Untuk Burung Kicauan

[doptg id=”4396″]

 

Bagi masyarakat Indonesia, nama kunyit sudah tidak asing lagi ditelinga mereka. Penyebarannya pun sudah seantero nusantara. Kunyit atau orang Jawa lebih senang menyebutnya dengan kunir ini adalah salah satu rempah yang kaya akan khasiatnya. Selain digunakan untuk bumbu pada masakan, kunyit ini juga digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan kunyit memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Pada kunyit mengandung zat warna kurkuminoid, minyak astiri, mineral dan zat-zat lain. Bukan hanya berkashiat bagi manusia, ternyata kunyit ini juga bermanfaat bagi burung kicauan. Terutama mineral yang terkandung di dalam kunyit sangat dibutuhkan untuk burung kicauan yang dimiliki oleh para Sahabat Ronggolawers. Mineral yang terkandung di dalam kunyit meliputi magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, alumunium dan bismuth. Selain itu kandungan kurkuminoid dan minyak astiri juga sangat bagus untuk burung kicauan. Mungkin banyak dari Sahabat Ronggolawer’s masih banyak yang belum percaya khasiat dari kunyit ini untuk burung kicauan.

Mineraldibutuhkan untuk pembentukan tulang dan darah, fungsi saraf yang sehat, keseimbangan cairan tubuh dan lain-lain. Hal ini tidak hanya dibutuhkan oleh manusia saja, akan tetapi burung juga sangat membutuhkan zat mineral ini. Selain itu mineral juga diperlukan untuk memproduksi tenaga, pertumbuhan dan juga untuk penyembuhan. Dapat dibayangkan bagaimana burung kita apabila kekurangan mineral. Sebenarnya didalam pakan burung juga terdapat mineral, tetapi mineral di dalam kunyit bisa sebagai terapi pengobatan tradisional bagi burung yang kurang sehat.

Dan didalam kunyit juga mengandung antioksidan yang diperlukan untuk makhluk hidup. Dapat diketahui bahwa udara saat ini sudah sangat kotor. Selain itu produk-produk kimia juga banyak beredar dipasaran. Antioksidan ini digunakan untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

Untuk burung pemangsa serangga, kunyit ini bisa diberikan pada jangkrik yang akan diberikan pada burung kicauan kita. Kunyit diiris tipis-tipis agar memudahkan jangkrik untuk memakannya. Selain itu untuk burung pamakan biji-bijian bisa mengambil satu ruas kunyit yang kemudian di parut atau diblender dan di ambil sarinya saja. Karena rasa kunyit yang terbilang pahit dan sengir, campurkan kunyit di dalam air matang atau bisa juga merebus kunyit tersebut dengan air sampai mendidih. Berikan untuk pengganti air minumnya. Proses ini sangat bagus digunakan apabila burung-burung tersebut dalam kondisi kurang sehat atau malas bunyi.

Selain pemberian kunyit pada burung kicauan, baiknya para Sahabat Ronggolawers juga memberikan pakan dan multivitamin yang baik untuk burung kicauan anda untuk rawatan harian. Sesuaikan pakan dengan jenis burung yang anda punya. Untuk pemakan biji-bijian seperti love bird dan kenari, memilih biji-bijian yang yang berkualitas baik sangat dibutuhkan. Semuanya itu terdapat di produk andalan Ebod Jaya yaitu Ebod Canary khusus untuk burung kenari dan Ebod Lovebird untuk burung Lovebird.

Khusus untuk burung seperti kacer ataupun cendet pemberian voer yang mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan juga terdapat pada voer Ronggolawe. Voer ini tersedia dalam 2 bentuk, yaitu voer kasar dan voer halus yang digunakan untuk pakan harian pleci. Selain itu multivitamin ahrian pada burung juga jangan lupa diberikan untuk tetap menjaga kondisi burung tetap fit dan bugar. Dan multivitamin yang cocok dan pas adalah Ebod Vit untuk harian dan Ebod Joss untuk rawatan sebelum lomba.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi para Sahabat Ronggolawers. Jangan cepat panik apabila burung anda macet bunyi atau bahkan menunjukkan tanda-tanda kurang sehat. Dengan ramuan tradisional kunyit serta di dukung produk-produk Ebod Jaya dijamin burung kicauan anda akan segera kembali normal. (eko po / 29 / 081231753725)