Manfaat Buah Untuk Burung Berkicau Tampil Jadi Jawara Di Piala Nirina

4683

 

Bogor, mediaronggolawe.id – Burung berkicau saat ini sedang menjadi selebritis hoby papan atas dijagat kicau mania di Indonesia. Bahkan komunitas pecinta burung berkicau juga semakin merajalela, Burung berkicau yang sehat, gacor dan postur bagus adalah idaman semua kicau mania. Hampir seluruh wilayah Nusantara, lomba burung berkicau juga diadakan untuk menampung para kicaumania yang ingin “menjajal” burung berkicau jagoannya. Tahukah anda bahwa burung berkicau adalah burung yang suka memakan sayuran dan buah-buahan tidak terkecuali burung berkicau pemakan serangga seperti rajanya burung berkicau Indonesia yaitu Murai Batu dan burung kacer, cucak hijau, Anis Merah, Anis Kembang, Cucak Rawa, Cucak Jenggot dan lainnya.

Untuk itu harus memberikan buah dan sayuran kepada burung berkicau agar cepat berkicau dan gacor. Sahabat kicau mania tentu sering memberikan beberapa buah seperti pisang, tomat, pear, apel, mentimun dan pepaya untuk burung berkicau kesayangannya, tapi tahukah anda, tujuan dan manfaat masing-masing buah tersebut bagi burung berkicau jagoan Anda bisa tampil jadi jawara di Festival dan Kompetisi Burung Berkicau Piala Nirina wajib sangkar Ebod Jaya tiket Rp500 ribu hadiah Rp20 juta untuk kicaumania dalam rangka Deklarasi Ronggolawe Nusantara Kamis 05 Mei 2016 di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. Tentu kita juga perlu mengetahui sebelumnya, manfaat dari masing-masing buah-buahan tersebut, untuk burung berkicau kesayangan kita, sehingga pemberian buah bisa tepat dan benar sesuai dengan kondisi kesehatan dan birahi burung burung berkicau.

1. Buah pepaya

Buah pepaya memang sangat disukai oleh burung berkicau. Selain rasanya yang manis, buah pepaya juga memiliki tekstur yang halus dan empuk, sehingga cocok untuk paruh burung berkicau. Berikut beberapa manfaat buah pepaya untuk burung burung berkicau, antara lain :

  1. Mengandung antioksidan yang banyak, sehingga bisa menangkal radikal bebas ditubuh burung
  2. Menurunkan birahi burung berkicau yang sedang OB (over birahi)
  3. Mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, asam panthotenic,flavanoid, dll. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan burung berkicau.
  4. Bisa menurunkan suhu tubuh berkicau yang tinggi akibat kepanasan/terlalu lama dijemur atau karena cuaca ekstrem.
  5. Kandungan air pepaya yang banyak bisa membantu mencegah dehidrasi.

2. Buah pisang

Pisang seakan menjadi buah wajib bagi burung berkicau. Pisang mengandung banyak manfaat untuk burung berkicau. Beberapa kandungan dan manfaat pisang untuk burung berkicau adalah :

  1. Mengandung vitamin A
  2. Mengandung vitamin C
  3. Mengandung karbohidrat yang banyak sehingga burung berkicau cepat kenyang.
  4. Meningkatkan stamina burung berkicau.

Pisang sebaiknya tidak diberikan setiap hari karena bisa membuat burung berkicau cepat gemuk dan malas.Hal ini karena pisang mengansung karbohidrat yang cukup tinggi.

3. Buah apel

Apel bisa juga diberikan pada burung berkicau sebagai pakan tambahan. Buah apel mengandung banyak vitamin dan gizi yang baik untuk perkembangan burung berkicau anda. Ada beberapa manfaat buah apel untuk burung berkicau. Berikut ini kandungan dan manfaat apel untuk burung berkicau:

  1. Meningkatkan birahi burung berkicau (diparut dan dicampur dengan kroto)
  2. Mencukupi kebutuhan nutri vitamin untuk burung berkicau.
  3. Mencegah dehidrasi pada burung berkicau.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh burung berkicau.

4. Wortel dan buah tomat

Selain vitamin, Wortel dan tomat adalah pakan tambahan dari jenis sayuran yang bagus untuk penampilan burung berkicau, kedua sayuran ini bisa menguatkan pigmen warna pada burung sehingga bulu pada burung berkicau bisa halus dan berkilau. Namun akan sangat baik jika diberikan secara variatif.

5. Wolfberry

Pakan tambahan untuk burung berkicau yang lain adalah wolfberry. Wolfberry dipercaya dapat memancing burung berkicau cepat buka paruh dan rajin berkicau. Wolfberry bisa meningkatkan stamina burung berkicau agar lebih panjang dan joss. Buah wolfberry ini adalah buah impor dan hanya bisa anda dapatkan di supermarket.

6. Buah kelengkeng

Buah ini sebenarnya bukan hanya disukai burung berkicau, bahkan kita pun sangat suka dengan buah kelengkeng. Rasanya yang manis dan segar membuat siapa saja akan suka. Begitu pula dengan burung berkicau.

Ada beberapa manfaat kelengkeng untuk burung berkicau, yaitu :

  1. Mencegah dan menghilangkan burung berkicau yang stress/drop.
  2. Meningkatkan stamina burung berkicau khususnya saat masa mabung/molting.
  3. Melancarkan pencernaan burung berkicau.

7. Buah jeruk

Jika anda suka jeruk, maka burungberkicau pun juga suka makan jeruk. Ya, jeruk memang bisa menjadi makanan pengganti nektar yang biasa dikonsumsi burung berkicau di alam liar. Jeruk yang berasa manis dan asam serta mengandung air memang sangat disukai burung berkicau. Ada beberapa manfaat jeruk untuk burung berkicau yang harus anda tahu, yaitu sebagai berikut :

  1. Menurunkan suhu tubuh burung berkicau yang kepanasan karena terlalu lama dijemur. Atau karena cuaca yang sangat panas.
  2. Pengganti nektar.
  3. Menetralisir racun di dalam tubuh burung berkicau.
  4. Melancarkan pencernaan burung berkicau.
  5. Kulit jeruk bisa digunakan untuk terapi burung yang susah mabung/molting.
  6. Mengandung vitamin C yang tinggi.

8. Pear

Sering diberikan pada burung berkicau agar suara burung berkicau lebih jernih dan juga buah tersebut bisa membantu menurunkan birahi burung berkicau setelah dinaikkan menjelang lomba. Biasanya pear diberikan 2 hari setelah lomba.

9. Mentimun

Mentimun diberikan pada burung berkicau supaya burung lebih tenang dan bisa menetralisir birahi burung berkicau setelah lomba.

Demikian, sedikit ulasan tentang manfaat masing-masing buah untuk burung berkicau. Jadi kicaumania jika tidak sempat memberikan buah-buahan kepada jagonnya maka tidak perlu panik dan takut karena Ebod Jaya telah memproduksi voer pakan ronggolawe yang mengandung buah-buhanan alami, madu dan antioksidan untuk mencegah dan menyehatkan burung berkicau. Voer pakan ronggolawe juga dikemas secara higienis dan modren serta ada juga voer pakan ronggolawe khusus burung berkicau jenis pleci, glatik dan burung kecil lainnya yang kualitasnya sudah teruji di lapangan lomba burung berkicau. (Ahmadi/4/April 2016)