Mandi Malam, Murai Batu Kloning Jadi Juara

150
Abdur Rachman me unjukkan produk Ebod yakni Strong Murai untuk stamina burung kesayangannya bernama Kloning saat di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Rabu (15/5/2019).

PALEMBANG – Setingan murai batu baik harian maupun lomba selalu berbeda antara satu burung dengan burung lainnya. Ada yang menggunakan setingan rendah, ada juga yang menggunakan setingan tinggi dari segi pakannya.

Seperti yang dilakukan Abdur Rachman (39), perawat dan joki murai batu mantan prestasi bernama kloning. “Murai ini usianya sudah lima tahun dan baru dua bulan terakhir saya rawat,” katanya pada MediaRonggolawe.Id di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Rabu (15/5/2019).

Menurut Rachman, Kloning menggunakan setingan pakan jangkrik yang tinggi yakni 25 ekor jangkrik di pagi dan 25 ekor jangkrik di sore hari. “Makanya Kloning mandinya malam terus karena setingannya tinggi. Seperti setingan love bird mirip-miriplah,” ujarnya.

Pose murai batu kloning saat di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Rabu (15/5/2019).

Rachman mengungkapkan, kalau setingannya ketinggian tinggal dikurangi saja jumlah jangkriknya. “Kalau setingan tinggi seperti ini harus kuat mentalnya (uang/red). Karena stamina Kloning ini juga dari jangkrik,” jelasnya.

Rawatan harian menurut Rachman hanya tidak dijemur dan embun tiap subuh. Dan diberikan Ebod Vit saat satu hari sebelum lomba.

 

Abdur Rachman menunjukkan piala yang dirai murai batu Kloning saat lomba di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Rabu (15/5/2019).

Untuk menunjang performa Kloning, Rachman mengaku menggunakan produk terbaru dari Ebod Jaya yakni Strong Murai yang merupakan doping probiotik organik. “Strong Murai sangat baik untuk meningkatkan stamina dan performa suara burung murai. Karena Strong Murai diracik khusus mengandung multivitamin serta kandungan lain diantaranya: mineral, anti oksidan, senyawa fenolik dan enzim,” katanya.

Selain itu menurut Rachman, formula yang pas dalam Strong Murai akan menjadi solusi doping alami tanpa efek samping agar burung jagoan bekerja maksimal di lapangan lomba.

Kunci takaran formula yang sesuai dalam Strong Murai akan memberikan energi ganda tanpa jeda burung jagoan bekerja. Hal ini dikarenakan komposisi yang tepat dari Strong Murai yakni Fruktosa 38,5 %, glukosa 31,3 %, Maltosa 7,2 %, Sukrosa 1,5 % dan Oligosakarida 4,2 %.

“Komposisi ini akan menjadi sumber energi yg diproses dengan bagus dan tepat oleh enzim dan anti oksidan yg terdapat dalam Strong Murai. Doping yang aman sekaligus dahsyat ini dipersembahkan khusus buat kicau mania agar tetap bersemangat eksis di jalur juara,” ungkap Rachman.

Murai batu Kloning saat di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Rabu (15/5/2019).

Untuk aturan pakainya yakni 5 tetes 1 jam sebelum lomba dan 5 tetes 1 hari sebelum lomba.