Mam’s Siap Pelopori Kebangkitan Anis Merah Salatiga

135

Mam’s Siap Angkat Pamor Anis Merah

 

Mengenal burung Anis Merah, memiliki beberapa nama lain tentunya berlaku di beberapa daerah, di Salatiga burung ini sering disebut anis merah, di tempat lain sering disebut punglor bata, punglor karena warna merahnya seperti batu bata, punglor cacing karena demen sekali makan cacing seperti di habitat alaminyaa, dan nama-nama lain yg tentunya kalian juga tidak asing.

Datang dari kota Salatiga, sebuah komunitas penggemar Anis Merah bernama MAM’S di dirikan pada tanggal 30/03-2019, di JLS ( Jalur Lingkar Salatiga ) bertempat di taman kota Bendosari dan disitu juga sebagai sekertariat dari MAM’S yang di pelopori oleh saudara Fain.

Latar belakang berdirinya MAM’S adalah sebagai wadah untuk menyalurkan hobi, menjalin/mempererat silaturahmi persaudaraan, dari yang tidak kenal menjadi kenal dan yang sudah kenal menjadi semakin akrab.

Dan bisa di simbolkan dalam bahasa jawanya ” Seduluran Sak Lawase “ yang berarti saudara selamanya  dengan komitmen saling menghormati, menghargai antara member satu ke member yg lain. Selain kita menyalurkan rasa hoby, tujuan kita juga untuk melestarikan populasi burung Anis Merah yg semakin lama semakin punah dengan adanya penangkapan – penangkapan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bikin Anis Merah Makin Joss

 

“Kasta” tertinggi dari burung Anis Merah adalah ketika sudah teler. Kebanyakan orang tidak akan merasa puas memelihara anis merah ketika belum mencapai tahap ini dan inilah yang dicari banyak orang ketika memelihara anis merah.

Kondisi teler ini sering di samakan seperti orang yang sedang mabuk, karena gaya nya yang goyang kanan ke kiri seperti orang teler, ditambah lagi tingkat kesadaran nya hampir hilang saat kondisi ini. Beberapa orang sering mempertontonkan di video facebook ataupun  youtube saat teler di pegang dengan tangan pun tetap tak bergeming alias sudah tidak respon dengan sekitar.
Teler adalah perilaku alami dari burung Anis Merah, untuk menarik pasangan nya. tidak mudah untuk mendapatkan tahap ini, kita harus tau terlebih dahulu kapan dan bagaimana anis merah akan teler.

” Semoga dengan adanya komunitas ini, kami bisa menarik penggemar lain untuk membawa kelas Anis Merah menjadi jaya kembali seperti jaman dahulu ” ungkap Om Adi Tunggul anggota Mam’s di akhir obrolan.