Kategori: Hot Tips Video

Mabung Tak Tuntas, Murai Batu Selebritis Justru Jadi Tontonan

 

Murai Batu Selebritis milik Om Angga akhirnya berhasil menuntaskan laga penuh gengsi, dengan meraih juara 1 dikelas murai batu utama, Jamblangan Cup 2019, Minggu (31/3) di Seyegan Sleman. Jago murai yang masih dalam kondisi mabung tersebut justru menjadi tontonanan, lantaran penampilannya benar – benar memukau.

Dalam persaingan panas ini, Selebritis yang kesehariannya dirawat oleh Imex di Jogja ini tampil menekan sejak awal. Penampilannya cukup impresif, Selebritis memang pantas menyandang predikat terbaik. Tonjolan berupa lagu – lagu kasar dimuntahkan secara bertubi – tubi.

Bahkan, aksi impresif selebiritis selama bertarung di atas gantangan sempat terekam oleh mediaronggolawe.id berikut beberapa tips perawatan oleh Om Imex yang terangkum melalui bentuk audio visual berikut ini :

Menurut Om Imex, perawatan murai batu selebritis sesungguhnya tidaklah sulit, pemberian ef jangkrik misalnya, hanya diberikan 5 ekor pada pagi dan sore, untuk harian burung banyak mengahabiskan waktu didalam umbaran, termasuk mandi ataupun jemur dilakukan didalam umbaran.

Pakan harian berupa voer diberikan berupa Nanjung 105, yang diketahui banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh burung, sepeti ekstrak serangga, buah – buahan dan herbal, voer Nanjung 105 juga efektif sebagai alternatif pengganti kroto dan jangkrik.

Semisal dipersiapakan untuk lomba, maka mulai hari kamis burung dipindahkan ke dalam sangkar biasa, pemberian extra fodding mulai ditingkatkan menjadi 8 ekor pada pagi dan sore hari, plus kroto 2 sendok makan.

Mandi dilakukan pada saat burung sampai dilapngan dengan cara keramba, kurang 2 sesi maka kembali diberikan jangkrik 3 ekor, kemudian di ablak sampai kondisinya kenceng, setelah itu gantang begitu saja.

Selain dipecaya merawat murai batu milik Angga, Om Imex juga dipercaya mengurus jagoan lain seperti kacer.

Murai mania yang punya masalah burung susah mabung, kurang bertenaga saat mabung, bisa mencoba memberikan asupan Voer Premium Nanjung 105. Hal yang sama dilakukan oleh Om Brian dan beberapa Murai Mania kondang lainnya di Tanah Air. Untuk pemakaian awal, bisa dilakuakan dengan cara mencampurnya dengan jenis voer lama, sedikit – demi sedikit sampai benar – benar bisa beradaptasi jenis jenis voer baru seperti Nanjung 105.

 

 

 

 

Bagikan
Diterbitkan oleh

Artikel Terbaru

  • Info Umum
  • Keluarga Besar RN

Hadirkan Menthor Dari Ibukota Dalam Diklat Juri, Ini Harapan Ketua Ronggolawe Jambi

Hadirkan Menthor Dari Ibukota Dalam Diklat Juri, Ini Harapan Ketua Ronggolawe Jambi   MEDIARONGGOLAWE.COM ,…

16 jam yang lalu
  • Info Umum
  • Keluarga Besar RN

Lahirkan Juri Profesional, Ronggolawe Nusantara DPW Jambi Gelar Diklat

Lahirkan Juri Profesional, Ronggolawe Nusantara DPW Jambi Gelar Diklat MediaRonggolawe.com, KOTA JAMBI - Ronggolawe Nusantara…

16 jam yang lalu
  • Berita Lomba
  • Profil

Selalu Tampil Menawan, Gerhana Cendet Kesayangan Gus Falah Bojonegoro.

Akhir Desember 2014, Gerhana adalah mantan burung rumahan yang belum pernah turun di gantangan, karena…

1 minggu yang lalu
  • Berita Lomba
  • Hasil Lomba
  • Info Umum

Malwopati Bc Feat MMS (Murai Mania Sidoharjo) Hadir Memeriahkan Gelaran Premium Cup 1 Cepu.

Malwopati Bc Bojonegoro menjadi team burung yang patut di perhitungkan eksistensinya didunia lomba burung berkicau…

1 minggu yang lalu
  • Daftar Juara Latber/Latpres
  • Hasil Lomba

Teror Sang Debutan Raih Hasil Gemilang, Gisel kuasai Kelas LB. Fighter, H. Ali Rafa SF dan Kurma BC Juara Umum + Data Juara Gebyar Latpres Coffee BC Pandaan. Selasa, 05 Januari 2020.

Gelaran Gebyar Latpres Coffee BC Pandaan sukses digelar, meski dalam kondisi hujan menyertainya dari awal…

1 minggu yang lalu
  • Berita Lomba

DT. PBI BERSAMA DAN PAPA MUDA CEPU SF Sukses Raih Juara Umum Di Gelaran Premium Cup 1 Cepu.

Ajang Premium Cup 1 Cepu 2021 yang digelar di lapangan Gantangan Sakti Bc, Tambakromo, Cepu…

2 minggu yang lalu