Lovebird Maria, Sang Petarung Sejati

11

Kelas Lovebird sekarang banyak digandrungi para kicau mania. Tak tanggung – tanggung, kelas Lovebird di setiap event lomba lebih banyak dari kelas – kelas burung lainnya. Antusias para pemain juga luar biasa. Meskipun dengan banyaknya kelas akan tetapi tidak pernah sepi dari peserta. Memang, burung dengan paruh bengkoknya ini mampu memikat banyak kicau mania khususnya para Lovebird Lovers. Dengan gaya dan ngekeknya yang khas, tidak salah memang Lovebird menjadi idola para kicau mania.

Salah satu kicau mania yang saat ini gandrung dengan gacoan lovebirdnya adalah Rengga. Bersama Lovebird Maria, kicau mania asal kota Ponorogo ini mampu menjadi salah satu kicau mania muda yang dapat menunjukkan kemampuannya. Lovebird Maria dapat bersaing dengan lovebird-lovebird berprestasi lainnya dan tentu saja Maria bisa mengalahkan mereka. Itu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Rengga, karena tak mudah mendaptkan lovebird yang gampang nampil serta memiliki prestasi yang gemilang seperti Maria ini.

Dari penuturan pemilknya yaitu Rengga, Maria memang memiliki jiwa petarung sejati. Setiap kali di gantangkan langsung ngekek dan tidak takut dengan lawan – lawannya. Perawatannya pun terbilang sangat mudah seperti kebanyakan merawat burung Lovebird yang lain. “Memang saya merawatnya dengan kasih sayang dan ekstra kesabaran. Kadang maunya saya dan Mantili berbeda, jadi saya harus mencari – cari biar sama – sama bisa klik”, ungkap Rengga belum lama ini. Untuk para Sahabat Ronggolawers, Rengga akan mengungkapkan rawatan – rawatan harian maupun rawatan lombanya. Semoga ini bisa bermaanfaat bagi para Sahabat Ronggolawers semuanya.

  1. Angin – angin sebentar di teras kemudian mandikan dengan cara di semprot sampai basah kemudian jemur sampai bulunya kering. Proses ini di lakukan pada pagi hari antara pukul 7 sampai dengan jam 9 pagi
  2. Salin air minumnya dengan menggunakan air bersih yang kemudian ditambahkan suplemen dari produk Ebod Jaya yaitu Bio Fighter yang dipercaya membuat burung rajin bunyi dan juga menjaga kondisi tubuhnya. Bio Fighter terbuat dari bahan-bahan alami dan dikombinasikan dengan berbagai vitamin dan asupan yang kaya untuk kebutuhan tubuh Lovebird dan mampu mendongkrak stamina.
  3. Berikan pakan yang berkualitas tinggi. Rengga mempercayakan pada pakan Miltih yang diperkaya vitamin dan juga mineral yang dapat memenuhi kebutuhan pakan burung
  4. Setelah proses mandi dan penjemuran, kerodong sampai sore hari. Apabila birahinya memuncak, mandi bisa dilakukan2 kali yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Angin – anginkan sebentar lalu bisa dikerodong kembali sampai keesokan harinya
  5. Tambahan pakan berupa kangkung atau jagung diberikan seminggu sekali saja.

Rawatan – rawatan diataslah yang membuat Maria bisa berprestasi seperti sekarang ini. Selain itu, kejelian dan ketelatenan dari Rengga dalam merawat mantili juga sangat membantu. Pesan dari Rengga, “merawat burung terutama burung Lovebird memang harus penuh kesabaran. Apalagi Lovebird sangar rawan sekali gantung atau ngruji di kandangnya yang menunjukkan burung over birahi. Kita harus terlebih dahulu mendalami karakter dari burung tersebut”.