Love Bird Gledek – Rahasia Paud Ombyokan Hattrick Di Ebod Bird Race (Om Fadil – Sapujagad BC)

127
Bang Dorun dan Om Fadil (Buyung)

Marlay (13/04), dengan poin yang tinggi dengan bendera poin berserakan dibawah nomor gantangan, Gledek love bird paud milik Om Fadil (Buyung) berhasil mencuri perhatian. Tampil memukau di Ebod Bird Race yang di gelar Oesman Org. di lapangan Marlay membuat media tertarik untuk mencari tahu lebih banyak.

“Ini paud ombyokan om, dapet nyolok di kios. Tapi memang ngga sembarang nyolok, ada kriteria tertentu. Kalo saya lebih lihat dari ciri fisik, bukan dari yang aktif waktu di ombyokan. Nantinya tinggal perawatanya saja. Cari yang paruhnya titis bisanya bagus” ujar Om Fadil.

Main burung bagi om Buyung adalah sekedar menjalani hoby, memlepas penat disela sibuknya pekerjaanya. Ia mengaku masih dibantu oleh perawatnya, namun ada pula beberapa burung yang dirawatnya.

Om Fadil – Paud Gledek Triple Winner di Ebod Bird Race

Seperti kita ketahui harga love bird saat ini menjadi murah sekali, banyak pedagang ombyokan yang banting harga. Warna josan saat ini bisa didapat dengan harga Rp. 50.000, sedangkan warna lain biru dikisaran Rp. 60.000an. Hal itu membawa beberapa dampak, dari sisi peternak sangat dirugikan, namun dari sisi lomba menjadi semakin ramai terutama dikelas paud. Dikelas paud saat ini menjadi ramai karena banyak kelas yang dibuka (umum, bebas aksi, amatir dan durasi) dan juga karena juaranya silih berganti.

“Sekarang kelas paud juaranya selalu bergantian, jarang ada yang stabil, itu yang bikin kelas paud jadi rame. Tapi sebenarnya bisa dibuat stabil yang penting pola rawatnya bener. Yang bikin ngga stabil karena kebanyakan doping.” ujar bang Dorun.

“Oesman bagus bikin acara begini, Tim Love Bird terbaik mengakomodasi pemain love bird. Gantangan sekarang banyak tapi namanya pemain love bird selalu penuh dan kalo Cuma sekedar lomba-lomba aja pasti bosen. Sesekali harus dibuat konsep seperti ini. Ronggolawe bagus saya lihat, seperti yang di bintara RBS juga selalu barubah konsepnya” ujar Om Fadil.

Berbagi setingan Gledek, harian hanya pakan Miltih. Miltih sudah ada rempahnya jadi bagus buat paud, hangat di badan. Apa bila dirasa kurang tinggi, akan ditambah bahan carikan lainya.

“Intinya dari miltih, bersih dan sudah ada rempahnya bagus buat paud. Kalo kurang tinggi baru kita kasih bahan racikan. Kalo itu rahasia dapur kita sapujagad. Vitamin kita pake biofighter, seperti kita lihat tadi burung jadi aktif keluar durasi” ujar om Fadil berbagi setingan Gledek.

Gledek bisa main di dua kelas durasi dan amatir. Saat main dikelas amatir cukup banyak dikasih banyak kangkung burung akan jadi lebih aktif dengan durasi pendek.

“Bisa main durasi atau amatir. Kalo mau main durasi ga usah apke kangkung. Tapi harus pas waktunya buat metel untulanya” ujar om Fadil

Sapujagad BC – terus menjalin silaturahmi memalui hoby burung

Lomba kali ini Sapujagad BC bersaing dengan Raja Onar memperbutkan gelar Tim Love Bird Terbaik, Hanya kaslah satu poin, Sapujagad BC hanya memperoleh lima kali juara satu. Namun demikian mereka tetap merasa puas, dan berharap kedepan akan sering diadakan acara yang serupa.