Liontin, Salah Satu Lovebird Favorit Kota Ponorogo

12

Love bird berprestasi memang dambaan para kicau mania yang mengandalkan burung ini sebagai gacoaannya. Tentu saja untuk mendapatkan itu semua tak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Selain didukung dasar dari burung itu sendiri juga yang terpenting adalah rawatan yang tepat dan pas dari sang pemilik. Salah satu kicau mania yang saat ini sukses mengorbitkan love bird berprestasi adalah Rio Kancil. Kicau mania asal Ponorogo ini sukses membawa love bird Liontin menjadi salah satu lovebird favorit di kotanya.

Liontin memang termasuk lovebird yang gampang nampil. Durasi ngekeknya sudah lumayan panjang dan rajin. “Saya memang berusaha keras untuk melatih dan merawat Liontin dengan baik dan Alhamdulillah, Liontin saat ini sudah bisa ngekek ngedur”. Bukan hanya ngekeknya saja  yang super panjang dan rajin, Liontin juga memiliki show yang menawan. Dengan bermodalkan hal tersebut membuat Liontin selalu konsisten di jalur juara. Tentu, dengan keberhasilan akan prestasi Liontin tersebut membawa nama baik sang pemilik.

Semua yang didapatkan Rio Kancil bukan didapat dengan cara instan. Meskipun secara dasar Liontin memang sudah bagus namun kesabaran dan ketelatenannya lah yang mampu membuat Liontin bereprestasi seperti sekarang ini. Karakter dari Liontin sudah dipegang oleh Rio Kancil sehingga dapat dengan mudah merawatnya. Untuk pola rawatannya pun terbilang biasa, seperti layaknya merawat lovebird-lovebird lainnya, namun ada sedikit rahasia dapur yang kali ini akan diungkap di Mediaronggolawe.id.

  1. Jemur setiap pagi, Lovebird sangat menyukai cahaya matahari di pagi hari pukul 6 hingga 9 pagi, tanda tandanya adalah Lovebird sangat ngoceh di saat itu
  2. Mandikan Burung / Semprot. Biasanya ini tergantung dari karakter masing-masing burung
  3. Selalu jaga kebersihan kandang dari sisa makanan dan juga kotoran. Bersihkan pula cepuk makan dan minumnya. Khusus untuk cepuk minum bersihkan setiap hari yang sudah dicampur dengan beberapa tetes multivitamin Bio Fighter agar burung rajin ngekek dan juga menjaga kestabilan kondisi burung. Bio Fighter terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat aman untuk burung.
  4. Untuk pakan, Rio Kancil memberikan Miltih pada Liontin. Tambahan seperti jagung ataupun kangkung, biasanya diberikan seminggu sekali secara bergantian.

Untuk rawatan lomba, biasanya Rio Kancil memberikan lima tetes Bio Fighter satu jam sebelum digantangkan. Bio Fighter ini terbukti ampuh mendongkrak stamina Liontin.

Perawatan sederhana diatas adalah perawatan harian dan lomba yang dilakukan Rio Kancil kepada Lovebird Liontin miliknya. Pola rawatan tersebut rutin dilakukan setiap harinya meskipun dalam kondisi sibuk. Yang terpenting bagi Sobat Ronggolawers dalam merawat burung adalah kenali terlebih dahulu karakter dari burung tersebut agar membantu mempermudah dalam merawat dan bisa mendapatkan burung berprestasi seperti Lovebird Liontin.