Leni, Love Bird Sisa Ombyokan yang Menuai Banyak Prestasi

293
Alexa Dayan menunjukkan produk Bio Fighter untuk love bird kesayangannya Leni saat berada di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Minggu (28/4/2019).

PALEMBANG – Beli love bird di ombyokan untuk lomba diperlukan kehandalan dengan ilmu dunia ngekek yang cukup. Bukan itu saja hoki juga diperlukan dalam memilih love bird calon juara.

Sama halnya yang dituturkan oleh Alexa Dayan (42), Ketua Brothers BC Palembang yang memiliki love bird juara bernama Leni. “Dulu beli burung ini dari ombyokan punya Dauz Onix, harganya Rp 250 ribu. Tapi saat dibeli itu sisa sedikit dan hanya ada beberapa ekor saja di kandang. Saya cari yang rajin ngekek saja walaupun receh dan dapat. Lalu saya namain Leni karena perkiraan betina,” katanya saat diwawancarai MediaRonggolawe.Id, Minggu (28/4/2019) di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan.

 

Pose Leni saat berada di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Minggu (28/4/2019).

Setelah dirawat dengan telaten, love bird jenis pastel ijo yang dipeliharanya mulai menunjukkan calon juara. “Sekarang umurnya sudah dua tahun dan prestasinya sudah puluhan kali juara. Yang nawar juga sudah banyak, tapi belum mau dijual,” jelasnya.

Rawatan harian yang diperlakukan untuk Leni tidak terlalu banyak dan merepotkan. “Embun sih enggak. Mandi pagi saja tapi disemprot lalu diangin-anginkan. Seharian diablak saja tanpa kerodong. Kalau ada matahari dijemur pagi,” kata Dayan.

Sedangkan untuk lomba, Leni sudah full kerodong tiga hari sebelum lomba. Untuk pakan hanya milet putih dan tanpa extra fooding. “Kalau vitamin pakai Ebod Vit tiap harinya,” jelas Alexa.

Dalam lomba yang diikuti hari itu, Leni berhasil menyabet juara di dua sesi yakni Juara Kedua di sesi pertama dan Juara Pertama di sesi kedua. Ada hal unik yang dilakukan Alexa Dayan untuk love bird kesayangannya.

 

Alexa Dayan dan Leni, burung love bird kesayangannya saat berada di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Minggu (28/4/2019).

“Sebelum sesi lomba, Leni di dalam mobil terus sampai mau lomba dimulai baru dikeluarkan. Biar Leni tidak mendengar suara love bird lain. Kalau sudah digantang dan mau turun sesi lagi baru taruh di luar mobil tapi tetap full kerodong,” ungkapnya.

Menunjang performa burungnya, Alexa Dayan mengaku menggunakan produk Ebod yakni Bio Fighter selain Ebod Vit. Bio Fighter adalah suplemen untuk love bird produk dari Ebod Jaya yang mengandung Formula yang bisa membuat Lovebird menjadi Fighter.

Menurut Dayan, Bio Fighter ini terbuat dari nutrisi dengan fermentasi extra. Bahan-bahan alami dan dikombinasikan dengan berbagai vitamin dan asupan yang kaya untuk kebutuhan tubuh lovebird. Serta mampu mendongkrak stamina dan menambah gacor saat di arena kontes burung dan di rumah.

“Manfaat Bio Fighter yakni mengatasi stress, merangsang burung untuk berkicau, memenuhi kebutuhan vitamin dan menjaga keseimbangan tubuh. Serta menjaga stamina burung, meningkatkan nafsu makan dan bikin love bird lebih agresif untuk bunyi dan gacor,” tambah Dayan.

Pose Leni saat berada di Lapangan Ronggolawe Abi Hasan Palembang, Minggu (28/4/2019).

Aturan pakai Bio Fighter yakni pagi dan sore dengan cara ditetes dalam paruh secara langsung sebanyak 3 sampai 5 tetes selama satu minggu. Atau dilarutkan dalam cepuk minum sebanyak 5 sampai 7 tetes. Sedangkan untuk lomba pakai 1 jam sebelum ke lapangan.