Mediaronggolawe.id, Pekanbaru – Prestasi  demi prestasi terus diukir oleh Lovebird Cooper dari satu lomba ke lomba lainnya yang diikutinya. Hampir setiap minggu lovebird ini terus stabil di peringkat juara, dan bahkan terus menjadi momok bagi peserta lainnya bila burung ini turun ke arena lomba. Lovebird ini diatas gantangan mempunyai ciri khas dalam ngekek, yakni burung ini nungging, kepalanya sujud kebawah sambil ngekek. Durasi Cooper bisa sampai 2 stik merah dalam satu tarekan ngekek dan bahkan bisa 3 stik merah.

om Indeiko bersama keluarga

Om Indeiko terus merawat dengan sepenuh hati, dengan ketekunan dan penuh kesabaran yang panjang menghasilkan prestasi demi prestasi. Dalam segi perawatan, lovebird ini gampang sekali dalam perawatan. Kesibukannya bekerja tidak mempengaruhi untuk Lovebird Cooper berprestasi.

Saat ditemui di sela-sela kesibukannya, pewarta mediaronggolawe.id lansung menanyakan perawatan harian dan setting lombanya dan bagaimana om Indeiko bisa membuat Cooper stabil di tangga juara. Alhasil, om Indeiko tidak pelit dalam membagi ilmu atau resep supaya lovebird ini juara.

Perawatan sangat simpel sekali dan tidak terlalu ribet, om Indeiko menjelaskan cara perawatannya kepada pewarta. Berikut adalah perawatan dan setting lomba lovebird Cooper sebagai berikut :

  1. Burung dikeluarkan jam 5.30 dan diembunkan
  2. Jam 7 pagi burung dimandikan
  3. Setelah di mandikan, burung di angin-angikan.
  4. Burung mandi didalam sangkar dengan menggunakan cepuk mandi dalam sangkar
  5. Burung dianginkan dan tidak kerodong
  6. Malam burung dikerodong sampai pagi esoknya.
  7. Pakan untuk sehari-hari menggunakan Pakan Ebod Miltih
  8. Untuk minumnya, di kasih 3 tetes ebod joss
  9. Setting lomba, H-1 diberikan jagung muda
  10. Menjelang lomba full jagung sampai malam
  11. H-1 pakan ebod miltih dicampur dengan pakan racikan sendiri.
  12. Bila hari H kondisi birahinya tinggi, pakan di normalkan kembali.
  13. Setelah kondisi birahi stabil, LB Cooper siap naik kegantangan.

Dengan perawatan seperti ini, membuat lovebird Cooper menunjukkan kestabilan dalam meraih prestasi di arena lomba. (efn)