kukiloLINK Jembatan Sesama Penangkar Dan Seluruh Kicau Mania

183

Banyak yang memepertanyakan aplikasi kukiloLINK sejak kemunculanya banyak juga yang membuat asumsi sendiri bahwa kukiloLINK hanya bermanfaat untuk para penangkar saja. Menilik kebelakang tentang terciptanya kukiloLINK memang tidak salah apabila dianggap hanya bermanfaat untuk para penangkar saja. Hal itu dikarenakan kukiloLINK diciptakan dan dikembangkan oleh Asosiasi Penangkar Burung Nusantara (APBN) yang merupakan wadah pemersatu penangkar burung endemik indonesia. Oleh karenanya banyak yang berfikiran fitur yang didalamnya hanya berisi seputaran penangkaran, ring atau penjualan produk pengakaran.

Menu Login kukiloLINK

Saat dimintai keterangan di APBN Exspo Ronggolawe Award  Kang Dody Naga sebagai Menses APBN menjelaskan bahwa kukiloLINK adalah aplikasi jembatan antara para penangkar dan kicau mania. Fitur yang ada sudah pasti barisi seputar penangkaran data ring, data indukan, track record dari masing-masing penangkar, data trotolan, track record kejuaraan dan sebagainya. Dari semua fitur yang disebutkan tadi nantinya dapat dimanfaat para kicau mania apa bila ingin membeli burung burung endemik hasil penangkaran APBN. Untuk burung trotolan kicau mania dapat melihat melihat silsilah burung yang akan dibelinya, trah indukanya dan juga track record hasil anakan sebelumnya. Untuk burung prestasi dapat dilihat rekam jejak juaranyaa, karena para penangkar akan menampilkan semua prestasi yang telah diraih oleh burung jagoanya terebut.

Tidak hanya penangkar saja, kicau mania yang sudah mempunyai account kukiloLINK juga akan mempunyai akses untuk mencari burung yang berkualitas. Kicau mania juga akan dapat memajang burung-burung jagoanya (prestasi, vidio) yang berasal dari para penangkar anggota APBN tentunya.

Pada kesempatan kali ini ada Om Bagus sebagai kreator kukiloLINK yang memberikan keterangan. Menurut Om Bagus ini akan sangat bermanfaat untuk semua kicau mania, tidak hanya sekedar menjadi jendela yang hanya bisa memandang tapi juga akan menjadi pintu untuk bisa masuk dan ikut mengambil bagian didalamnya. Fitur yang ada akan terus dikembangkan agar semua dapat terhubung satu sama lain. Tidak hanya saling melihat tapi juga bisa saling berinteraksi.

Om Bagus kreator kukiloLINK saat memebarikan keterangan dan Om Udin yang saat ini aktif menjadi admint kukiloLINK

Adapula masukan dari beberapa kicau mania yang telah disampaikan kepada Om Bagus dan disebutnya sebagai masukan yang sangat bagus. Yaitu untuk bisa membedakan fitur antara penangkar dan kicau mania. Untuk mempermudah kicau mania dalam mencari burung-burung jagoanya. Menurut Om Bagus, kukiloLINK memang terus dikembangkan. Nantinya untuk mempermudah penggunanya saat login juga akan dibedakan antara penangkar dan kicau mania, menu yang muncul nantinya juga akan berbeda. Jadi dengan kukiloLINK, kicau mania tidak akan salah dalam membeli burung jagoanya, karena semua track record burung yang diburunya lengkap didalamnya. Mulai dari umur, silsilah indukan, rawatan harian, kejuaran yang pernah didapatnya. Begitu pula untuk para penangkar dan kicau mania harus pro aktif untuk melangkapi semua informasi menganai burung burung jagoan yang dipajang didalamya.

Untuk para penangkar juga akan dituntut untuk selalu update hasil penangkaranya supaya lebih diminati oleh kicau mania.