Komunitas TRUCUKAN ROPEL LAMONGAN (TRL), Dari Hobi Menjadi Saudara.

419

Memiliki nama merbah cerucuk/yellow-vented bulbul (Pycnonotus goiavier) atau biasa lebih di kenal dengan nama burung trucukan ini memiliki suara khas, klasik yang hampir mirip dengan suara Cucak Rowo. Burung yang satu ini ternyata sangat banyak pengemarnya dan sangat banyak yang menjadikan burung peliharaan.

Selalu Kompak TRL.
Logo TRL Lamongan.

Pamornya pernah meredup sebagai lomba burung berkicau, bahkan di kota lamongan belum ada lomba di kelas trucukan, namun dengan kekompakan Komunitas TRUCUKAN ROPEL LAMONGAN (TRL), kelas trucukan akhirnya berhasil di lombakan untuk pertama kali di gantangan STBC dan saat ini, semakin berkembang pesat di gantangan KBS-BC Lamongan.

Event Danramil Cup Trucukan Mania Jawa Timur Kompak.

Dalam sebuah kesempatan, saya pun berkesempatan bertemu Mas Opik yang merupakan salah satu pendiri Komunitas Komunitas TRUCUKAN ROPEL LAMONGAN (TRL), di Latpres gantangan Gondosekar BC, Dalam kesempatan kali ini, beliau bercerita hal awal mengenai sejarah berdirinya Komunitas ini serta Struktur Organisasi dari Komunitas TRUCUKAN ROPEL LAMONGAN (TRL).

Anggota TRL, Mas Ayun.

Mas Opik TRL, pun menjelaskan sejarah awal terbentuknya Komunitas TRUCUKAN ROPEL LAMONGAN (TRL) ” yang didasari atas persamaan hobi merawat serta menggantang burung Trucukan, yang dahulunya hanya sebagai penghias emperan depan rumah agar bisa sejajar dengan burung kicauan lain yang sudah banyak pengemar di arena gantangan, juga untuk mencari saudara yang sama-sama suka dengan burung trucukan. Yang pada akhirnya di TRL resmi berdiri pada tanggal 19 November 2017, yang diprakarsai oleh Mas Najib, Mas Afandy, Cak kit dan Mas Opik Sendiri.

Mas Opik Bersama Putra Tercinta.

Saat ini Anggota dari TRL sudah mencapai kurang lebih 50 orang, yang merata dari kalangan muda sampai yang sudah sepuh, untuk susunan Pengurus saat ini yang menjadi ketua adalah mas Kuprit, Sekertaris mas Najib, Bendahara mas Prasetyo dan Sesepuh Cak Mad, Cak Kid Dan Cak Opik. Dan Cita-cita dari mas opik, yang belum kesampaian adalah semua Gantangan Di kota Lamongan di harapkan membuka kelas Trucukan, yang tentu hal ini juga butuh support dari para anggota dan para pencinta Trucukan agar hal ini semua dapat terwujud.

Ketua TRL Mas Kuprit bersama Mas Opik.

Sedangkan untuk perawatan bisa di katakan sangat mudah, burung ini merupakan burung pemakan buah, jadi hanya cukup di beri pisang atau pepaya untuk pakan hariannya menu jangkrik cukup 3 ekor pagi dan sore 3 ekor. Sedangkan untuk menjaga kesehatan burung, cukup di berikan EBOD VIT agar burung tetap sehat dan rajin berkicau.

Luar Biasa Trucuk Ropel Lamongan.