Mediaronggolawe.id, Pekanbaru – Komunitas Pleci memang sangat bergairah di Pekanbaru-Riau, terlihat dari perlombaan yang berlansung terus menunjukkan bahwa komunitas ini sangat penuh dengan tali persaudaraan yang erat sesama satu hoby. Dengan adanya Kampung Pleci Pekanbaru membuat komunitas pleci semakin bergairah dan terus menambah anggota setiap pekannya.

Latpres yang mengkhususkan pleci memang menjadi tolak ukur bahwa komunitas ini terus memberikan bahwa mereka selalu ada disetiap lomba yang diselenggarakan. Latpres yang diadakan oleh komunitas Kampung Pleci Pekanbaru sangat membantu mereka untuk bisa berkembang dan terus menyebarluaskan virus pleci kepada setiap penghobi burung kicauan. Kampung Pleci dibuat oleh mereka yang peduli terhadap plecimania yang sudah mulai kendor dalam aktivitasnya dilapangan. Berkat adanya wadah ini maka akan semakin bergairah lagi dan melahirkan plecimania yang strong kedepannya.

Burung kecil ini memberikan pengalaman tersendiri bagi yang merawatnya, apalagi burung ini sudah dilindungi oleh negara. Dengan adanya komunitas memberikan pelajaran bagi plecimania pemula untuk belajar dan terus mengembangkan cara merawat yang benar dan tidak ada resiko akan ditindak secara hukum. Kampung Pleci Pekanbaru sangat terbuka apabila ada seorang hobi atau penghobi terhadap burung ini dan memberikan pengalaman cara merawat atau memelihara burung pleci yang benar sesuai pengalamannya masing-masing.

Tidak semua burung pleci yang dilindungi oleh negara, ada beberapa jenis yang dilindungi oleh negara sesuai Peraturan Menteri lingkungan hidup yang bernomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Dengan adanya komunitas memberikan penjelasan bahwa burung tersebut dilindungi atau tidak dilindungi dan tidak perlu ragu untuk memeliharanya di rumah.

Kampung Pleci Pekanbaru terus mengembangkan sayapnya untuk menampung ide-ide yang tidak tersalurkan Plecimania Pekanbaru selama ini. Dengan harapan yang tinggi, maka mereka mengadakan Latpres Kampung Pleci Pekanbaru yang diadakan pada minggu (7/4/19) bertempat di Simpang Tiga Pekanbaru. Respon yang positive dari plecimania sangat luar biasa dalam latpres tersebut. Hampir semua komunitas pleci setiap daerah atau korwil berbaur menjadi satu untuk mengikuti lomba tersebut.

Dari pantauan awak mediaronggolawe.id dilapangan, terlihat bahwa komunitas pleci sangat banyak dan terbagi beberapa bagian daerah atau bisa dibilang korwil. Dengan adanya beberapa korwil ini akan terus berkembang pesat apalagi setiap korwil aktif terhadap komunitasnya.

Pada saat lomba berlansung, ada tokoh masyarakat yang mensuport komunitas ini. Tokoh masyarakat ini sangat peduli terhadap komunitas karena akan memberikan dampak positif, salah satunya dalam bidang UMKM, beliau menjelaskan bahwa “adanya komunitas ini, memberikan lowongan pekerjaan bagi mereka yakni adanya jual beli sangkar dan pakan,” tuturnya mengakhiri. (efn)