Komunitas Murai Batu RBF CAGAK Mendapat Koncer A Mutlak.

Kebanyakan murai mania yang rajin mengikuti lomba burung tidak semata-mata melampiaskan hobi dan mengharapkan dapat hadiah uang kejuaraan. Namun mereka cenderung memiliki tujuan yang lebih besar lagi yaitu mendongkrak harga burung yang dilombakannya jika berhasil meraih juara.

Kalangan pelomba burung murai batu kastanya agak berbeda dengan pelomba burung lain seperti love bird, cucak hijau, kacer, maupun kenari. Pemilik burung murai jawara, secara ekonomi rata-rata kelasnya di atas penggemar burung tersebut di atas.

Pasalnya, bagi kalangan, pelomba, harga murai siap kontes di atas Rp 10 juta, bahkan sampai ratusan juta rupiah. Sedangkan modal ikut lomba kacer, cucak, kenari, dan love bird, harganya bisa diperoleh di bawah satu juta rupiah meski begitu ada segelintir pelomba yg punya materi jawara bernilai di atas Rp 100 juta juga.

Apalagi kalau si murai kesayangan berhasil meraih prestasi minimal lima besar, maka harganya langsung membubung tinggi. Perlu diketahui tiap hajatan lomba kicau burung baik tingkat kota, propinsi, maupun nasional selalu menjadi ajang bos-bos berburu materi burung jawara. “Biasanya usai kontes, terjadi transaksi di belakang panggung yang harganya fantastis.

Seekor murai batu berprestasi tingkat kota, harganya rata-rata di atas Rp 50 juta. Adapun tingkat propinsi atau nasional tentu lebih mahal lagi. Bahkan seekor murai bernama Buser Jr milik Om Rudi RBF Cagak Komunitas murai batu cagak, yang berhasil meraih juara 1 pada Piala APBN Subang, sempat ditawar dengan harga yang fantastik, tapi tawaran menggiurkan itu ditolak oleh Om Roni.

Komunitas Murai Batu RBF Cagak Raih Double Winner Di Piala APBN Subang.

Om Roni sebagai pengurus Komunitas Murai Batu Cagak ( KMB RBFC )  menjelaskan begitu menggiurkan keuntungan yang diperoleh dari memelihara si ekor panjang, sehingga banyak yang berlomba-lomba memiliki dan melatih murai agar jadi jawara.

Visi Komunitas Murai Batu KMB RBF CAGAK Menjadi satu komunitas pecinta burung yang selalu melestarikan dan melindungi burungmurai batu pada khususnya serta semua jenis burung pada umumnya dari kepunahan, menjalin kawan, melestarikan, dan meramaikan Murai Batu. Sedangkan Misinya menjalin silaturahmi mempererat persaudaraan,untuk indahnya kebersamaan dan berbagi. Mendukung selalu pelestarian burung dan lingkungan juga memberi wadah bagi perkumpulan Kicau Mania Pecinta Murai Batu.

Menurut Om Roni, contohnya burung jawara lebih banyak didominasi bodi sedang dan ekor pendek. “Sedangkan katuranggan itu kriterianya bodi besar, ekor panjang, mata belok, kaki panjang, dan sebagainya,” tambah Om Roni Ketua KMB RBF CAGAK sebagai ketua dan sebagai penangkar burung murai batu.

Dia sendiri sudah beberapa kali menjual murai jawara di atas Rp 50 juta, sedangkan beli bahannya cuma Rp 2 juta. “Kuncinya harus sabar dan jeli mengawasi karakter burung. Perawatannya harus rutin, bersihkan sangkar, mandi-jemur, setelan jangkrik dan kroto, serta memaster burung,” jelasnya. Untuk memaster murai dia lebih senang menggunakan suara burung dari MP3 yang lebih efektif.

Premium Voer Nanjung 105 Mengandung Ekstrak Serangga Buah – buahan dan Herbal Sangat Cocok Untuk Murai Batu.

Kestabilan murai batu ditunjang dari pemberian pakan yang tepat ternyata menjadi salah satu kunci dari penampilan terbaik murai batu, pemberian Voer Nanjung 105 ternyata sangat memberikan efek yang sangat luar biasa, murai batu menjadi tampil lebih exstra vit serta menjadi lebih bertenaga saat dilombakan, Voer Nanjung 105 yang hadir dengan ekstrak  serangga, buah – buahan dan herbal yang mampu menambah energi untuk burung kesayangan anda, Voer Nanjung 105 di berikan secara rutin untuk pakan harian menjadi sangat penting untuk perkembangan kondisi burung agar memiliki durasi kerja yang lebih maksimal saat bertemu lawan saat di lombakan.