Jalak suren termasuk salah satu anggota keluarga jalak-jalakan (Sturnidae) yang cukup popular di Indonesia. Burung ini dikenal pandai dalam berkicau dan bergaya. Tak heran jika peminatnya cukup banyak, dan sebagian besar adalah hasil penangkaran, bukan tangkapan alam. Burung jalak suren yang sering jadi burung hiasan di rumah kini menjadi burung yang sangat istimewa di arena festival dan kompetisi burung berkicau.

Kelas Jalak Suren Di Latber Bio Kroto Enterprise.

Komunitas jalak suren Subang ( KJSS ) Merupakan salah satu komunitas yang mewadahi para pecinta burung khususnya jalak suren jawa khususnya di daerah kabupaten Subang jawa barat, Pada awalnya komunitas ini terbentuk pada salah satu media sosial facebook dengan nama komunitas jalak suren Subang [KJSS].
pada tanggal 06 April 2015, dibuat oleh Taupik Qurrohman Arga yang juga merupakan pendiri jalak suren nusantara dan didukung penuh oleh Paryoto Paryoto sesepuh jalak suren nusantara dan om Budi Adr Setiawan sebagai ketua. Komunitas jalak suren Subang [KJSS] termasuk dalam keluarga besar naungan jalak suren nusantara, dengan slogan guyub, rukun, berbagi.
Guyub artinya berkumpul dalam suatu wadah komunitas, rukun artinya sesama anggota dalam komunitas mengutamakan kebersamaan dan kekeluargaan tanpa ada perselisihan mengutamakan Silaturahmi, berbagi artinya berbagi Pengalaman dalam perawatan Jalak Suren. Banyak ragam dalam menunjukan kecintaan mereka terhadap jalak suren, ada yang hanya suka untuk rumahan, ada yang suka outdoor bahkan sekarang ini jalak suren mulai disukai untuk burung lomba / kontes, apapun caranya tujuan hanya untuk guyub rukun berbagi, Burung hanya media untuk memperpanjang tali silaturahmi.

Voer Ronggolawe Sangat Cocok Untuk Jalak Suren.

Pakan yang paling cocok digunakan untuk  burung jalak suren adalah Voer Ronggolawe yang terbukti banyak mengandung nutrisi, vitamin dan ada antioksidannya yang bisa mencegah burung dari virus penyakit mematikan.

Voer Ronggolawe Ebod Jaya diracik dengan bahan – bahan terpilih yang dipercaya sejak lama memang diperlukan oleh burung – burung kesayangan anda. Dengan komposisi yang pas dari bahan – bahan terbaik, Voer Ronggolawe mampu memenuhi semua kebutuhan. Dengan setiap butiran halus dari satu sachet Voer berukuran 200 Gram, sangat disukai oleh burung. Susu, tepung gandum, kacang kedelai, jagung dan kroto bersatu padu dalam satu sachet. Seperti kita tahu, bahan – bahan makanan tersebut memiliki nilai gizi yang tinggi baik untuk tubuh burung, niscaya burung anda akan sehat dan menampilkan performa yang apik di setiap penampilannya.