Komunitas Jalak Suren Pantura ( KJSP ).

Burung sawah yang menarik perhatian para pehobi burung kicau mania, bagaimana tidak, burung sawah yang di namakan Burung Jalak Suren atau sebut saja jalak Uren ini dapat melantunkan segala jenis burung berkicau dengan fasihnya. Jalak Suren dalam bahasa ilmiah ( latin ) disebut sebagai Sturnus contra dan dalam bahasa Inggris disebut Asian Pied Starling atau Pied Myna berasal dari famili Sturnidae.
Jalak Suren dalam bahasa ilmiah (latin) disebut sebagai Sturnus contra dan dalam bahasa Inggris disebut Asian Pied Starling atau Pied Myna berasal dari famili Sturnidae.

Jalak suren adalah burung lokal yang sudah berhasil dikembang biakkan dengan baik. Peternaknya banyak, demikian pula produksinya. Dulu pemanfaatannya sebatas untuk master. Beberapa tahun terakhir mulai ramai dilombakan di blok barat, penggemarnya terus bertumbuh.

Burung dari family Sturnidae ini dapat ditemukan hampir di seluruh Indonesia terutama di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali. Selain itu burung Jalak suren tersebar juga di berbagai negara seperti Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, dan Thailand, dan Burung Jalak suren ini diyakini mampu menjadi penjaga rumah yang handal.

Logo Komunitas Jalak Suren Pantura ( KJSP ).

Salah satu yang konsisten dan ikut berperan menggairahkan jalak suren adalah Komunitas Jalak Suren Pantura ( KJSP ). Komunitas ini dibentuk oleh beberapa kicaumania yang mempunyai hobi yang sama. Komunitas ini Penggagas awalnya oleh Wa Kabul dan Om Nayseeh Fhateen . Para penggagas tersebut sama-sama hoby menangkarkan dan merawat burung jenis Jalak Suren. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini anggotanya terus bertambah banyak berasal dari berbagai daerah. Komunitas ini lebih mengedepankan rasa kekeluargaan bukan sekedar hanya hobi burung saja.

Selain selalu aktif dalam setiap gelaran event di berbagai EO, komunitas ini juga aktif bergerak dalam bidang sosial / amal. Komunitas ini selalu mengikuti event – event di setiap gelaran dari mulai latihan bersama ( Latber ), latihan prestasi ( Latpres ) dan event nasional. “Di event manapun kalau ada kelas jalak suren pasti ada komunitas Jalak Suren Pantura, ” ungkap Wa kabul sebagai ketua KJSP.

Voer Ronggolawe Pakan Wajib Burung Jawara.

Burung yang setabil juara ditunjang oleh pakan yang berkualitas, Pakan yang bagus untuk jalak suren adalah Voer Ronggolawe produk Ebod Jaya diracik dengan bahan – bahan terpilih yang dipercaya sejak lama memang diperlukan oleh burung – burung kesayangan anda. Dengan komposisi yang pas dari bahan – bahan terbaik, Voer Ronggolawe mampu memenuhi semua kebutuhan, Dengan setiap butiran halus dari satu sachet Voer berukuran 200 Gram, sangat disukai oleh burung. Susu, tepung gandum, kacang kedelai, jagung dan kroto bersatu padu dalam satu sachet. Seperti kita tahu, bahan – bahan makanan tersebut memiliki nilai gizi yang tinggi baik untuk tubuh burung.