Sebagian Anggota Independent Borneo Karawang Saat Mengikuti Event Di Anniversary 2th KMB.

Murai Borneo sesungguhnya memiliki sejumlah kelebihan. Dulu secara umum kurang mendapatkan tempat yang baik, dianggap burung kelas dua. Setelah ada komunitas, penggemar bertambah. Ada daya tawar dan bisa meyakinkan EO membuka kelas khusus.

Bila ikut kelas murai batu umum, jarang murai borneo bisa menang. Berangkat dari keprihatian itulah, para pemilik dan pecinta murai borneo akhirnya membentuk kelompok atau komunitas, salah satunya adalah Independen Boreno Karawang (INBOX).

Logo Independent Borneo Karawang.

Dulu di mana-mana hampir di semua EO tidak ada kelas khusus murai borneo. Sekarang keberadaan kami sudah lumayan diperhatikan, paling tidak di Karawang, Subang, dan sekitarnya, hampir semua EO sudah mau membuka kelas khusus murai borneo,” ujar Angga, salah satu pengurus Independent Borneo Karawang.

Kini, setelah sejumlah EO menerima usulan membuka kelas murai borneo, Inbox pun berjuang untuk terus mengisi dan meramaikan kelas tersebut. Di Karawang, semua EO baik itu latber, latpres, apalagi sampai lomba reguler, selalu membuka kelas murai borneo. Termasuk di antaranya event Anniversary 2th KMB feat Ronggolawe Jabar V, Inbox Karawang sendiri punya anggota aktif sudah cukup banyak setiap bulannya selalu bertambah anggotanya, namun juga banyak pemilik murai borneo lainnya yang belum bergabung dalam komunitas, tapi mulai aktif ikut lomba. Dengan jumlah peserta yang terus meningkat, EO pun diyakini melihat ini sebagai potensi, harapannya memancing EO lainnya untuk ikut membuka kelas ini.

Berhasil Raih Juara 1 Murai Borneo Kudeta Gacoan Mr. Angga Salah Satu Pengurus Inbox Borneo Karawang.

Bagi Angga sendiri, berdirinya Inbox bukan berdasarkan pada kelebihan atau keunggulan murai borneo dibanding yang lain. “Lebih pada tujuan untuk mengeksiskan murai borneo biar tidak kalah peminatnya.”

Sosialisasi dilakukan dengan cara yang halus, misalnya menunjukkan kekompakkan saat menghadiri event. Memakai seragam dan atribut yang sama. Mulai kaos, sampai kerodong. Dengan kombinasi warna yang memikat dan cukup mencolok, keberadaan Inbox memang menjadi menonjol dan menarik untuk dilihat kicaumania lainnya.

Berita baiknya, hampir di setiap event yang ada kelas murai borneonya, Inbox selalu aktif berpartisipasi. Sejumlah jago milik anggota Inbox juga sering menorehkan prestasi. Bagi komunitas ini, kemenangan milik salah satu anggota, dianggap kemenangan bersama. Jadi tidak saling bersaing di antara para anggota komunitas.

Kestabilan murai borneo ditunjang dari pemberian pakan yang tepat ternyata menjadi salah satu kunci dari penampilan terbaik murai borneo, pemberian Voer Nanjung 105 ternyata sangat memberikan efek yang sangat luar biasa, murai borneo menjadi tampil lebih exstra vit serta menjadi lebih bertenaga saat dilombakan.

Voer nanjung 105 Sangat Cocok Untuk Murai Borneo.

 

Pentingnya mensyukuri apa yang kita punya, karena kemewahan didunia ini tidak akan ada habisnya.