Cendet Mania Subnag ( CMS ).

Berawal dari keprihatinan para pemain cendet beberapa tahun lalu, ketika kelas cendet dalam berbagai lomba makin sepi peminat, muncul kesadaran untuk menaikkan kembali pamor cendet dengan cara menjalin silaturahmi antar pemain, baik pertemuan langsung maupun tidak langsung seperti melalui media sosial.

Cendet Mania Subang ( CMS ) adalah komunitas pencinta burung cendet atau pentet di wilayah Subang yang di ketuai oleh Om Eko Wahyu. CMS diharapkan dapat menjadi media silaturahmi, konsultasi, sekaligus transaksi online para cendet mania di seluruh Indonesia. Sekarang jumlah anggotanya sudah cukup banyak.

Logo Cendet Mania Subnag ( CMS )

CMS memang bukan satu-satunya group komunitas cendet di Indonesia masih banyak komunitas yang lainnya. CMS memiliki karakteristik yang khas, unik, selalu ramai pengunjung, serta saling bertegur sapa via facebook. Komunitas ini tidak sekadar media komunikasi antarpemain cendet lintas-daerah, melainkan juga terjun langsung meramaikan kelas cendet.

Om Eko dan Om Budi  sebagai admin grup ini selalu siap melayani konsultasi atau pertanyaan dari para pemula soal perawatan cendet.

“Pada awal terbentuknya CMS, kami bersama teman-teman cendet mania lainnya selalu datang ke setiap gantangan untuk meramaikan kelas cendet. Minimal bawa tiga sampai enam ekor gacoan agar kelas cendet makin ramai. Tidak peduli burung kondisi atau tidak, yang penting bisa gantang  tutur Om Eko.

Usaha tersebut akhirnya membuahkan hasil. Kini kelas cendet kembali naik daun. Setiap latber, latpres, maupun lomba regional maupun nasional, kelas cendet tidak pernah sepi lagi. Bahkan dalam momen tertentu, misalnya latberan, kelas cendet di Subang pernah tembus hingga 200 peserta. Itu terjadi dalam Latpres Patung Semar beberapa waktu lalu.

Saya bersyukur atas keadaan ini. Kalau ingat perjuangan bagaimana meramaikan kelas cendet di Subang, saya pribadi bersama teman-teman lain sampai melobi panitia atau EO agar dibuka kelas cendet, kalau perlu dua hingga tiga kelas. Kami bahkan beberapa kali ikut menyumbang sukarela untuk tambahan hadiah, agar para pemain makin semangat saat meraih juara,” ungkap Om Eko.

Dalam perkembangannya, CMS makin solid dan pada akhirnya menjadi tim khusus untuk kelas cendet. Tidak hanya dalam event lokal saja, karena para anggota yang ada di luar Subang  juga kerap menuliskan CMS sebagai nama team pada sertifikat juara.

Sejak saat itulah, CMS bukan sekadar komunitas cendet lintas daerah, tetapi juga menjadi identitas tim. CMS Subang memiliki sejumlah gaco andalan dan langganan juara di berbagai event. Tentu banyak pengalaman mengesankan dalam setiap ajang lomba yang diikuti.

Voer Ronggolawe Pakan Wajib Jawara.

Burung setabil juara ditunjang pakan yang berkualitas diantara pakan yang bagus untuk cendet yaitu Voer Ronggolawe, karena Voer Ronggolawe diperkaya dengan zat antioksidan yang dibutuhkan burung – burung kesayangan anda . Niscaya burung anda akan sehat dan menampilkan performa yang apik saat lomba.