Komunitas Cemplir Mania Pasuruan, Gelorakan Kembali Kelas Prenjak Dayo di Pasuruan.

183

Kelas Prenjak Dayo atau Burung Cemplir memang akhir-akhir ini tak sepopuler dengan Kelas-Kelas yang lainnya seperti Kelas Love Bird, Cucak Hijau, Murau Batu dan Kenari yang hampir setiap gelaran baik di tingkat Latber dan Latpres maupun Event Cup.

Foto Burung Prenjak Dayo atau Burung Cemplir.

Keberadaannya memang tak seramai zamannya dahulu yaitu era 90an dimana hampir setiap hari ditiap Latberan selalu ramai oleh peserta. Sehingga boleh dibilang hewan dengan ciri khas kecil ke abu-abuan yang gesit dan punya suara melengking ini, hanya dipelihara sebagian kicau mania sebagai hewan Masteran untuk burung ocehan yang lain seperti Murai Batu dan Cucak hijau.

Perburuan liar seperti penangkapan habitatnya dengan sistem jebakan dan sistem pulut , mrlembuat keberadaannya di alam liar juga mulai menurun drastis, burung dengan suara merdu ini yang biasa tiap pagi kita dengar dipekarangan rumah sambil sarapan dan minum kopi hampir sudah jarang atau tak terdengar lagi suaranya.

Agar Prenjak dayo alias Cemplir ini bisa kembali sejajar dengan Love bird dan ocehan lainnya, muncullah sekumpulan Komunitas asal Kota Pasuruan dengan nama Komunitas Cemplir Mania Pasuruan sebagai komuniras yang berjuang meramaikan kembali Prenjak Dayo atau Cemplir di kota Pasuruan.

Foto Bareng Komunitas Cemplir Mania Pasuruan.

“Kami berdiri tanggal 29 Januari 2019 dengan jumlah anggota kami 50an anggota aktif dengan markas di Ds. Warung Dowo, Pasuruan”. Ujar Mr. Wawan Ketua Komunitas CMP.

“Tujuan kami berdiri tentu menggelorakan kembali kelas cemplir agar bisa kembali rame dan makin Eksis di dunia lomba burung utamanya Pasuruan dan sekitarnya”. Lanjutnya.

“Untuk itu kami pun bergerak mengumpulkan anggota pecinta Cemplulir sebanyak-banyaknya dan meramaikan tiap gelaran lomba burung berkicau di pasuruan serta menghadiri gelaran-gelaran lomba di luar Pasuruan, agar komunitas kami dikenal dan makin banyak lagi komunitas-komunitas lain yang ikut menyemarakan kelas ini. Sambungnya.

Logo Kebanggaan komunitas Cemplir Mania Pasuruan.

Meski baru terbentuk dan berdiri namun soal Kekompakan dan perjuangan dalam meramaikan kelas Cemplir memang patut di acungi jempol, tak hanya dipasuruan, komunitas ini juga aktif sambang lintas EO termasuk menghadiri gelaran-gelaran yang diadakan Ronggolawe Nusantara.

“Harapan kami dengan makin aktifnya kami menyambangi EO-EO gantangan, sifat guyub dan gotong royong serta kekeluargaan antar anggota komunitas makin terjalin erat dan kami berharap semakin banyak dan semakin ramai menyemarakan gantangan khususnya di Pasuruan. Tutup Mr. Khamim.

Kompak Guyub rukun antar Anggota.

Prenjak Dayo alias Cemplir memang termasuk burung pemakan serangga seperti yang di utarakan Mr. Agus salah satu anggota Komunitas Cemplir Mania Pasuruan, selain membetikan EF seperti Ulat kandang, Kroto, beluau juga memberikan menu makanan harian bagi gacoannya dan salah satunya adalah Voer Ronggolawe dari Ebod Jaya menurut beluau kandungan didalam Voer ini sanfat cocok dan sudah memenuhi kebutuhan nutrisi bagi prenjak andalannya, sementara untuk menjaga kondisi burung tetap fit, Mr. Agus juga memberikan Ebod Vit sebagai vitaminnya.

 

 

 

 

M. Ganda Gunawan Amd Kep. TTL: Bojonegoro 13 juli 1983. Alamat: Jl. Raya Beji No. 06 Rt. 04 Rw. 03 Beji Pasuruan. Agama: Islam.