Kisah Mengharukan Merawat Kaki Kenari Jamuran Berakhir Bahagia

167

[doptg id=”2521″]

 

Kondisi tropis yang lembab merupakan media yang baik untuk pertumbuhan jamur dan penyebaran bakteri. Sangkar yang kotor, kayu tangkringan yang berjamur, kotoran burung yang jatuh serta menempel didasar sangkar jarang dibersihkan dan kerodong burung yang tidak pernah dicuci akan menyebabkan jamur berkembang biak. Hal inilah menyebabkan kaki kenari menjadi mudah terkena jamur mulai dari kaki sampai sela-sela jarinya. Tragis.

Kaki burung yang terkena jamur akan tampak bersisik seperti jamur yang sedang tumbuh berwarna putih. Apabila tidak diobati, maka pertumbuhan jamur akan menebal sehingga membuat kaki Kenari sulit mencengkram kayu tangkringan. “Kenari yang jamuran akan selalu gelisah tingkah lakunya, jarang berkicau dan tampak loyo tidak bergairah,” ungkap Bang Zaki.

Kepada Pewarta Ronggolawe yang saat itu berkunjung ke Rumah Bang Zaki di bilangan Ciganjur, beliau menuturkan pengalamannya mengobati kenari jamuran. “Setahun lalau saya mendapatkan Kenari dengan harga yang cukup murah hanya 300 ribu rupiah saja. Meskipun warna bulunya kurang menarik tetapi kepalanya agak papak dan bodinya bagus, Hanya kakinya jamuran,” ungkap Bang Zaki.

Saat itu kenari yang sudah menempati kandang yang baru dirawat dirumah dan setiap pagi mendapatkan terapi pengobatan. “Cara penyembuhan kenari jamuran cukup mudah yang penting burung dibuat tenang dan santai dahulu agar pengobatannya menjadi mudah,”ungkap pemilik Sayuti Bird Farm ini.

Sebelumnya siapkan baskom yang berisi air hangat dan ditambahkan obat antiseptic Dettol, kemudian kenari dikeluarkan dari sangkar dengan cara dipegang kepada dan badannya dengan hati-hati. Rendam kaki kenari sambil dicuci bersih kotoran jamurnya. “Tidak perlu lama-lama membersihkan jamur yang paling penting jamurnya bisa rontok sedikit demi sedikit. Besok pagi diulangi lagi pengobatannya,” ungkap Bang Zaki.

Setelah kaki Kenari dibersihkan dengan lap kemudian diberikan SALEP BIO CLEAN. “Oleskan BIO CLEAN ke bagian kaki yang terkena jamur secara merata. Harus dilakukan setiap hari, terutama menjelang malam. Untuk pencegahan, Olesi bagian tangkringan dengan SALEP BIO CLEAN secara merata,” kata Bang Zaki sambil tersenyum.

Kesabaran Bang Zaki dalam merawat kaki kenari yang jamuran dan sering macet bunyi patut diacungi jempol. Sahabat Ronggolawers perlu ketahui, sejak 3 bulan merawat Si Bongkok, nama burung  yang kakinya terkena jamur tersebut. Kini Prestasinya sudah menjadi buah bibir kicaumania di seputaran Depok dan Ciganjur. Selain kini mempunyai senjata nafas yang panjang, membuat burung ini meraih hattrick sudah menjadi hal yang biasa. Pasalnya Si Bongkok kini sudah bisa tampil ngedur panjang dengan suara isiannya yang mewah.

Kandungan Sulfur Praecipitatum yang terdapat pada SALEP BIO CLEAN berfungsi adalah senyawa herbal yang bisa menghilangkan sisik kulit yang kasar, melunakkan lapisan keratin jamur serta mengandung antibakteri. BIO CLEAN tidak mudah larut dalam air, bersifat menghangatkan kaki burung, tidak bikin rangsangan gatal dan pastinya aman untuk burung kesayangan kita.

Jangan lupa Subscribe Youtube: RONGGOLAWETV Channel. Semua liputan terangkum dalam bentuk audio visual lebih nyata dan lebih dekat. Atau Ingin dibuatkan video dokumentasi breeding, burung jagoan atau profil Bird Club bisa menghubungi Brandy di SMS 085717969666 atau Facebook: Om Ronggo. /Brandy 07