MediaRonggolawe.id, Pekanbaru – Kesuksesan dalam lomba memang banyak berpengaruh kepada yang datang di lomba tersebut. Lomba akan berhasil apabila panitia dan semua lapisan bahu-membahu dan bekerja keras untuk memberikan kenyamanan dalam suatu lomba kepada peserta maupun orang yang hadir dalam suatu lomba tersebut.

suasana lomba

Lomba Latpres Hut Bhayangkara ke 73 memang bisa dikatakan sukses baik dalam penyelenggara maupun sukses dalam penjurian, dimana juri yang bertugas memang tampil optimal dalam menilai. Selama acara perlombaan berlansung tidak dijumpai protes dari peserta yang hadir. Peserta tertib dalam menerapkan tata tertib yang dibuat oleh panitia lomba Latpres tersebut. Dalam lomba ini, kicaumania yang hadir berasal dari kota Pekanbaru maupun luar kota Pekanbaru yakni dari Bangkinang, Siak, Pelalawan, Duri, dan dari provinsi tetangga yakni dari Payakumbuh Sumatera barat.

Saat ditanya pewarta mediaronggolawe.id kepada peserta yang kali ini kicaumania bernama Tandika Birdshop, beliau mengatakan “Dalam Penyelenggara, lomba ini dikemas sangat bagus, dan juri yang bertugas pun netral. Untuk kedepannya juri dari ronggolawe Riau harus tetap menjadi terdepan”, ucap om Tandika.

Pak Andi Alamsyah (Ketua Ronggolawe Riau)

Di waktu terpisah, Pak Andi selaku ketua Ronggolawe Riau, mengucapkan bahwa “Persiapan yang matang untuk juri sudah ditekankan 2 minggu sebelum perlombaan dimulai. Pakem penilaian dari setiap jenis burung harus dikuasai untuk setiap juri. Pakem penilaian yang terbaru yakni dari jenis lovebird fighter, dan kedepan kami dari ronggolawe riau berfokus ke lovebird tersebut”.

Bapak AKBP Restika P Nainggolan, SiK

Penasehat dari Lomba ini yakni Bapak AKBP Restika P Nainggolan, SiK yang juga menjabat KAPOLRES Dumai ini berpesan “Dengan semangat hari Bhayangkara, pelestarian yang sudah menjadi suatu komunitas ini harus dijaga dengan baik, sehingga kicaumania Pekanbaru dan kicaumania Riau seluruhnya tetap menjadi persatuan dan kesatuan NKRI”.

Om Heri Bird Shop memantau jalannya lomba

Di tempat terpisah, dengan kesibukannya memantau jalannya lomba, kami dari pewarta mediaronggolawe akhirnya bisa juga mewancarai ketua pelaksana yang tak lain adalah om Heri atau biasa dikenal dengan om Heri Birdshop. Om Heri yang sukses dengan toko hariannya yakni HERI BIRD SHOP ini mengutarakan kegembiraannya bahwa lomba berjalan dengan sukses dan tanpa protes. Om Heri mengutarakan “kami sengaja memilih tempat Hutan kota, bertujuan untuk memudahkan akses kicaumania ke tempat lomba. Dengan tempat di tengah kota, ,memudahkan kicaumania dalam kota maupun luar kota menjangkau ketempat lomba dan bisa fokus lansung menyiapkan jagoannya untuk berlomba. Kenapa saya memilih penjurian Ronggolawe, karena pakem yang diterapkan dalam penilaian tidak terlalu ketat dan bisa diterima oleh kicaumania”, om Heri mengakiri.

Banyak burung yang meraih hasil maksimal pada lomba tersebut, dari kelas kacer, kacer Karibet milik om Tandika dari Kandis BC meraih double winner, sedangkan di kelas Lovebird Umum, lovebird Jayani milik om Rizal P raih double winner. Untuk kelas lainnya, tidak ada yang meraih double winner dan persaingan ketat terjadi disetiap kelas.

Perlombaan diakhiri dengan Pemberian hadian dan uang tunai kepada BC (bird Club) terbaik, setelah itu pemberian doorprise yang sudah ditunggu oleh kicaumania. (efn)

lahir di Pekanbaru, dan sekarang menetap di Pekanbaru. Hoby kicau dan suka motret dan menulis.