Kenapa Pakan Kenari Tidak Boleh Gonta-Ganti? + Video

212

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=FCIiPlunFT0[/embedyt]

 

Hasil racikan pakan baik olahan sendiri di rumah maupun hasil industri dapat kita temui dipasaran dalam berbagai bentuk kemasan dan merek, tentu saja mulai dari kualitas sederhana sampai dengan kualitas standar ekspor. Sahabat Ronggolawers, harus bisa selektif dalam menentukan jenis pakan burung mana yang akan anda gunakan untuk burung anda. Khususnya Burung Kenari.

Pilihlah jenis pakan yang memenuhi standar kebutuhan kenari dengan memperhatikan kandungan komposisi pakan burung tersebut. Sebab jika jenis pakan yang dipilih tidak tepat maka akan menurunkan kualitas kesehatan burung kenari.

Kenapa dalam memilih pakan kenari kenari tidak boleh gonta-ganti? “Karena dapat mengakibatkan kenari bisa malas makan, malas bunyi bahkan rontok bulu diluar masa siklus mabungnya,” tegas Kang Indra sambil mengelus jenggotnya.

Pria yang memiliki belasan koleksi burung kenari di rumahnya ini kembali mengungkapkan, saat kita secara mendadak mengganti merek pakan bisa disebabkan karena tergiur dengan promosi teman-teman yang sudah mencoba kualitas pakan tersebut, coba-coba merek pakan promosi atau tergiur dengan harganya  yang lebih ‘miring’.

“Perubahan komposisi pakan mengakibatkan kenari dalam kondisi yang lapar harus cepat beradaptasi dengan dengan pakan kenari yang baru. Itulah yang mengakibatkan terjadinya beberapa gangguan pada kenari,” kata Kang Indra. Untuk itu pilih satu dan tetapkan pakan kenari untuk perawatan harian burung lomba dan burung peternak di rumah kita.