Mediaronggolawe.id, Pekanbaru – Profesi seorang juri memang sangat sensitif apabila beliau memelihara gacoan untuk dilombakan. Apalagi kicaumania terus menyoroti gerak-gerik juri dalam pergaulannya, ada yang memandang positif dan ada juga yang memandang negatif. Dari sekian juri yang banyak itu, ada seorang juri yang memang mengandalkan profesionalannya dalam bertugas dan menjaga etikanya dalam pergaulan.

Salah satu juri tersebut adalah juri dari Ronggolawe Riau yakni Om Andi atau beliau disapa andi kitink dalam kesehariannya. Om Andi ini memang sebelum menjadi juri adalah pemain burung yang sudah paham dengan karakter burung. Beliau adalah pemain lovebird mania dan sudah banyak mengorbitkan lovebird-lovebird di arena lomba yang diadakan diPekanbaru dan Riau.

Sampai akhirnya beliau memutuskan untuk ingin menjadi pengadil lapangan. Dengan bermodal pengetahuan tentang burung-burung yang dilombakan beliau memberanikan diri untuk diklat menjadi juri Ronggolawe Nusantara. Sudah hampir 3 tahun sudah beliau menjadi juri aktif di Ronggolawe Riau, dan beliau pun dalam kurun waktu tersebut masih juga aktif mengorbitkan lovebird.

Lovebird yang sedang di orbitkan beliau antara lain Laras, Olivia, Mawar, Ravatar, dan masih banyak lagi. Selain mengorbitkan lovebird tersebut, om Andi sering juga menjual lovebird prospek lapangan. kicaumania yang membeli pun menuai hasil yakni dengan juara di tangan kicaumania tersebut.

Om Andy berbagi tips kepada kicaumania, bagaimana membuat lovebird bisa mengumpulkan poin tertinggi di arena lomba. Berikut tips dari om Andy yang telah dirangkum oleh jurnalis mediaronggolawe.id sebagai berikut :

Rawatan Harian : Setiap hari burung bersama untulan, pagi harus mandi dan dijemur bersama untulan, ektra Fooding (EF) adalah jagung manis diberikan dua kali seminggu. Harian full di ablak dengan puluhan ekor lovebird lainnya. Untuk pakan, om Andy menyarankan memakai Ebod Miltih, ini dikarenakan selain bersih serta mempunyai kandungan yang tinggi untuk menjaga kestabilan birahi dari lovebird.

Settingan Lomba : sebelum berangkat lomba, burung dimandikan dan dijemur sampai kering, dikasih jagung secukupnya, dikrodong full sampai dilapangan burung di ablak kembali.

Demikianlah tips dan trik sederhana yang ingin dibagikan kepada kicaumania untuk bisa diterapkan kepada burung lovebird kesayangannya. Apabila kicaumania ingin merasakan lovebird-lovebird prospek dari om Andi Kitink bisa menghubungi beliau dengan mengunjungi toko Andi Kitink Birdshop atau kontak lansung via telepon dan WA ke nomor 085264328728. (efn)