Mediaronggolawe.id, Siak – Dunia juri tidak akan habis untuk diceritakan, ada yang bercerita tentang positif dan banyak juga yang menceritakan tentang negatif atau keburukannya. Memang semuanya tergantung juri tersebut, bagaimana dia memang menunjukkan profesionalannya atau memang mencari untung dari profesinya sebagai juri yakni bermain mata dengan peserta lomba. Juri-juri yang tergabung ke dalam organisasi Ronggolawe Nusantara harus mempunyai jiwa yang sportifitas tinggi dan tentunya harus menunjukkan profesionalnya dalam menjuri di suatu iven perlombaan.

Juri yang kita bahas kali ini adalah juri yang baru bergabung dengan Ronggolawe Nusantara DPW Riau atau tepatnya Ronggolawe DPC Siak. Juri tersebut bernama M. Suwandi atau Wandi biasa akrab beliau dipanggil oleh rekan-rekannya. Awalnya beliau adalah seorang penghobi dunia kicauan atau kicaumania yang biasa mengikuti perlombaan. Om Wandi pernah juga menjadi panitia lomba yang sering diadakan di tempat beliau bermungkim yakni di kota Perawang-Siak. Dari dulu memang tidak ada niat untuk menjadi juri dan hanya sebatas hobi saja di dunia kicauan. Seringnya om Wandi mengikuti perlombaan latberan dan menjadi panitia, tanpa disengaja pada hari itu di latberan, panitia kekurangan juri dan beliau ditunjuk untuk membantu menjadi juri. Dari saat itu lah beliau tergerak hatinya untuk menjadi juri, dengan bimbingan senior-senior dan rekan-rekan om Wandi di Perawang BC.

Pengalaman om Wandi tidak sampai disitu, beliau merasa tidak puas dengan apa yang didapatnya selama ini, maka om Wandi pun bergabung dengan Ronggolawe Nusantara DPC Siak sebagai juri binaan. Sebagai juri binaan, beliau terus mengasah kemampuannya dalam menjuri dan mempertajam insting nya sesuai dengan pakem yang telah diterapkan oleh organisasi Ronggolawe Nusantara. Banyak ilmu yang didapat oleh om Wandi semenjak bergabung dengan Ronggolawe, beliau sangat berterimakasih kepada IP Ronggolawe Riau yakni Bang Joel Pasaribu dengan pengalaman yang dimilikinya, mau mengajarkan menjadi juri yang profesional untuk kedepannya.

Om Wandi menuturkan “Suka duka menjadi seorang juri banyak sekali, sukanya adalah kita bisa kenal banyak teman dan wawasan bertambah. Dukanya adalah sering dianggap curang, ketika kita sudah maksimal dan bersungguh menilai burung, masih juga disalahkan karena tidak dipantau dan tidak dikoncer ataupun nominasi,” ucap om Wandi.

Begitulah kisah yang dialami oleh juri yang baru bergabung dengan Ronggolawe Riau dan menjadi juri binaan dibawah naungan DPC Siak yakni om Wandi, semoga beliau terus belajar dengan penuh ambisi menjadi terbaik dan selalu rendah hati.(efn)